Salah satu wahana di Hawaii Waterpark Malang. (Foto: Hawaii Waterpark)

Salah satu wahana di Hawaii Waterpark Malang. (Foto: Hawaii Waterpark)



MALANGTIMES - Malang dikenal sebagai daerah yang memiliki hawa yang sejuk. Tak hanya itu, Malang juga dikenal dengan wisata-wisatanya yang beragam dan menarik, baik itu wisata alam maupun buatan. Hal ini membuat banyak wisatawan dari luar kota hingga luar negeri senang mengunjungi kota Malang. Berikut ini 10 destinasi wisata yang saat ini paling digemari di wilayah Malang Raya.

1. Gunung Bromo

Salah satu gunung terindah di Indonesia ini menjadi salah satu wisata favorit di Malang. Lokasi gunung ini terletak di empat wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan. Selain wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga kerap ditemui di Bromo untuk melihat keindahan sunrise dari atas bukit Bromo.

2. Sumber Sirah

Lokasi Mata Air Sumber Sirah berada di Desa Sumberjaya, Gondanglegi. Air Tawar Sumber Sirah begitu jernih hingga pengunjung dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang dengan jelas, begitu juga dengan berbagai tanaman air di dalamnya. Pengunjung biasa berenang atau snorkeling di Mata Air Sumber Sirah ini dengan mengabadikan momen di dalam air.

3. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark Malang merupakan wisata buatan yang menyajikan berbagai wahana permainan air berkualitas internasional. Lokasinya di Jalan Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Salah satu wahana yang iconic yaitu Waikiki Beach atau Kolam Tsunami, ada pula Waimea Stream River Mavi Island, Hawai Water House, Rainbow Fall, Ekolu Slide, Wailele Slide, Hula-Hula Slide, Akaolu Pool, wahana VR (Virtual Reality) Twister Robotik, Salju Busa, dan lain-lain.

Di akhir tahun 2018 lalu, Hawai Waterpark memberi kejutan kepada para wisatawan dengan wahana barunya, yaitu Jet Coaster Slide. Jet Coaster merupakan salah satu wahana yang Terpanjang Se-Asia Tenggara, yakni 225 meter dan start wahana yang berada di ketinggian sekitar 20 meter. Wahana ini dilengkapi cahaya LED warna-warni di setiap lekukannya.

4. Kampung Warna-warni Jodipan

Kampung ini merupakan kampung yang pas untuk wisatawan yang gemar berselfie ria. Alamatnya di Gang 1, Jodipan, Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Kawasan Jodipan semula merupakan perumahan kumuh warga di bantaran Sungai Brantas. Kini berubah menjadi desa wisata yang dikunjungi banyak orang, bahkan hingga ratusan saat akhir pekan dan hari libur.

Ada kira-kira 107 rumah warga Jodipan yang dicat dengan 17 ragam warna. Selain itu kini terdapat jembatan kaca yang menambah lokasi selfie pengunjung juga menghubungkan antara Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi Kesatrian.

5. Sumber Pitu

Coban Sumber Pitu memiliki keunikan dari sumber mata air yang lainnya. Tidak hanya ada satu sumber mata air, di sini ada 7 (pitu) sumber mata air. Sumber mata air ini menyembur dari tebing dengan jumlah yang banyak dan hampir berdekatan.

Lokasi Coban Sumber Pitu tersembunyi di antara rimbunnya hutan. Coban Sumber Pitu terdapat di dua daerah Malang, yaitu di daerah Tumpang dan di wilayah Pujon. Jarak antar Coban Sumber Pitu satu dengan yang lainnya cukup jauh loh bisa memakan waktu 2 jam perjalanan.

6. Omah Kayu

Omah Kayu merupakan wisata alam berupa penginapan rumah kayu yang berada di atas pohon. Di sana tersedia beberapa rumah pohon yang masing-masingnya bisa menampung hingga tiga orang. Terletak 1.340 mdpl, wisata alam ini pun menyajikan pemandangan Kota Batu dengan jelas. Lokasinya yakni di Jalan Gunung Banyak, Bumiaji, Batu.

7. Taman Rekreasi Selecta

Taman Selecta menjadi favorit wisatawan lantaran taman bunganya yang sangat indah dan udaranya yang sejuk. Lokasinya berada di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu. Selain berselfie ria dan menikmati taman bunga, beberapa wahana untuk aktivitas seru di sana antara lain, Sky Bike, Water Boom Anak, Play Ground Anak, Sepeda Air, Perahu Ayun, Flying Fox, Goa Singa, dan Banyu Anjlok.

8. Banyu Anjlok

Banyu Anjlok menyuguhkan wisata air terjun yang berpadu dengan keindahan kolam alam dan pantai. Air terjun ini menghadap ke pantai Lenggoksono dan airnya langsung mengalir ke Iaut. Di atasnya, terdapat kolam alam yang menyegarkan. Banyu Anjlok terletak di daerah Dampit, Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

9. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan dominasi batuan karang. Secara alami batuan karang ini berubah menjadi kolam-kolam alami yang unik. Ketika air surut, para pengunjung bisa bermain air di kolam alami dikelilingi birunya air samudera. Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. 

10. Coban Talun

Perkembangan fasilitas di Coban Talun menjadikannya populer akhir-akhir ini. Coban Talun sendiri adalah air terjun dengan pemandangan alam yang masih sangat alami. Anda bisa mencapai air terjun dengan melakukan tracking melewati hutan pinus yang sangat rindang.

Kini, Coban Talun tidak hanya dikunjungi demi air terjunnya saja. Kini di sana terdapat kebun bunga, Apache Camp (wahana seperti kampung Indian yang terinspirasi dari suku Apache, hingga Pagupon Camp yang disewakan untuk menginap. Kehadiran fasilitas baru ini menarik wisatawan yang gemar hunting foto.

End of content

No more pages to load