MALANGTIMES - Di penghujung bulan April, si jago merah seolah enggan untuk berhenti beraksi di wilayah Kabupaten Malang. 

Terbaru, peristiwa kebakaran kembali terjadi di wilayah Kecamatan Lawang. 

Tepatnya di perusahaan PT Hoangkang Rubber, yang berlokasi di Jalan Inspol Suwoto, Kelurahan Kalirejo, Kamis (25/4/2019) sore.

Berdasarkan informasi yang dihimpun MalangTIMES, insiden kebakaran ini terjadi sekitar pukul 14.20 waktu setempat. 

Diperoleh keterangan, sesaat sebelum kebakaran terjadi salah seorang karyawan diketahui menghidupkan mesin pres (pembuat sol sepatu), dengan cara menekan tombol otomatis yang ada di kotak panel.

“Berdasarkan keterangan dari beberapa saksi yang kami himpun, usai menyalakan mesin karyawan yang bersangkutan langsung meninggalkan mesin tersebut menyala. Sekitar 2 menit berselang, api tiba-tiba menyala dari  tempat panel mesin,” kata Kapolsek Lawang, Kompol Gaguk Sulistyo Budi.

Mengetahui hal ini, beberapa karyawan bergegas memadamkan api yang bersumber dari mesin pres tersebut, dengan peralatan seadanya. 

Sedangkan sebagian karyawan lainnya, memilih untuk melaporkan ke pihak kepolisian yang kemudian dilanjutkan ke petugas pemadam kebakaran.

Mendapat laporan, beberapa personel gabungan dari Mapolsek Lawang, dan petugas PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, diterjunkan ke lokasi kejadian. 

“Saat ini kami masih mendalami dari hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) serta keterangan dari beberapa saksi. Tidak ada korban jiwa atas insiden ini, hanya saja terkait berapa kerugian yang disebabkan karena kebakaran masih dalam tahap penyidikan,” terang perwira polisi dengan satu melati di bahu ini.

Terpisah, Kepala Seksi PPBK Kabupaten Malang, Agus Suyanto menuturkan jika pihaknya menerjunkan dua armada pemadam kebakaran guna memadamkan api. 

Meski sempat berjibaku karena lokasi kebakaran di dalam pabrik, namun api dikabarkan tidak sampai menjalar ke pemukiman warga setempat.

“Kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar satu jam paska kebakaran,” pungkasnya.