MALANGTIMES - Setiap negara tidak hanya berlomba-lomba mendirikan gedung, hotel, atau restoran tertinggi, namun kini mulai banyak negara yang membangun monumen tertinggi di dunia. Selain menjadi destinasi wisata yang dapat menarik lebih banyak turis, patung-patung tersebut juga menyimpan cerita di balik pembangunannya.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah patung itu membuat geleng kepala. Berikut sepuluh patung tertinggi di dunia, antara lain:

1. Statue of Unity, India (182 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia2bed98d673f3ef786.jpg

Resmi dibukap 31 Oktober 2018, patung yang didedikasikan untuk Vallabhbhai ‘Sardar’ Patel, merupakan pemimpin gerakan kemerdekaan sekaligus perdana menteri di India ini resmi menjadi patung terjangkung sejagat. Proyek megah senilai Rp 6 triliun tersebut dibangun di tengah Pulau Sadhu, Gujarat yang dikelilingi Sungai Narmada.

Patung perunggu terdiri dari hampir 100.000 ton baja dan beton. Untuk menunjang amenitas para wisatawan, patung manusia besi ini dilengkapi dengan ruang observasi yang dapat menampung 200 pengunjung, ruang konferensi, fasilitas eskalator, hotel, hingga museum sejarah dunia. statueofunity.in.

2. Spring Temple Buddha, Tiongkok (153 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia332c9e82b375c69f6.jpg

Setelah satu dekade menjabat sebagai patung tertinggi sejagat, posisi Spring Temple Buddha terpaksa harus lengser ke peringkat dua. Berdiri sejak 2008, patung yang menggambarkan Buddha Vairocana ini terbuat dari 108 kilogram emas, 3.300 ton tembaga, dan 15.000 ton baja.

Bersemayam di kawasan terpencil Fodushan Scenic Area, Provinsi Henan, Tiongkok, yang berjarak dua jam dari kota Lushan. Setibanya di sana, pengunjung dapat memilih berjalan melewati dua buah tangga besar yang masing-masing memiliki 365 anak tangga, atau menggunakan bus mini berbayar yang siap mengantarkan pengunjung sampai puncak. Pembuatan patung ini menelan biaya hingga Rp 800 miliar.

3. Garuda Wisnu Kencana, Indonesia (121) meter
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia199426b973f49e2b2.jpg

Setelah tertunda hampir 28 tahun, pembangunan patung kebanggaan Indonesia ini akhirnya selesai. Garuda Wisnu Kencana yang terletak di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali, tepatnya di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana akhirya diresmikan pada tanggal 22 September 2018 lalu.

Patung karya kolaborasi firma Arkitekton Lima dan pematung I Nyoman Nuarta ini berwujud Dewa Wisnu yang tengah menaiki garuda. Terdapat 30 lantai di dalam ‘tubuh’ patung ini dengan pemandangan luar biasa menghadap tanah Bali. Patung yang dirancang tahan gempa serta terbuat dari campuran tembaga dan baja ini bisa menjadi spot wisata terbaru yang tak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke Pulau Dewata. Pembuatan patung ini menelan Rp 450 miliar.

4. Ushiku Daibutsu, Jepang (120 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia4280e30b2329b8d7f.jpg

Sedikit lebih pendek dibandingkan Garuda Wisnu Kencana, patung Buddha ini terletak di kawasan Ubaraki, Jepang. Berdiri sejak tahun 1993, desain patung ini mirip dengan patung Spring Temple Buddha, karena sama-sama berwujud Buddha di atas teratai. Patung ini terbuat dari perunggu dan pengunjung bisa memasuki bagian dalam patung menggunakan lift. Ada 5 lantai dalam patung ini yang berfungsi sebagai museum. Di lantai 3 terdapat 300 patung Buddha yang terbuat dari emas.

5. The Laykyun Sekkya, Myanmar (116 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia526b92a248c7fa363.jpg

Spring Temple Buddha sebagai patung tertinggi di dunia, Laykyun Setkyar berada di Myanmar. Patung ini merupakan perwujudan Buddha dalam posisi berdiri dan terletak di kawasan Khatakan Taung. Tak jauh dari sini, ada pula patung Buddha dengan posisi berbaring yang sama-sama menjadi incaran kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara. Baru selesai pada tahun 2008, dibutuhkan waktu 11 tahun untuk membangun patung ini. Tak hanya menikmati kemegahannya saja, pengunjung juga bisa menaiki tangga di dalam patung ini untuk menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

6. Sendai Daikannon, Jepang (100 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia6f5205010a3432538.jpg

Merupakan patung Nyoirin Kannon (dalam Bahasa Indonesia disebut Dewi Kwan Im) tertinggi di dunia, dan patung dewi tertinggi di Jepang, Sendai Daikannon berdiri kokoh di Sendai, Prefektur Miyagi. Menjadi salah satu destinasi religi di Negeri Sakura, patung yang selesai dibangun pada 1991 tersebut menggambarkan seorang dewi, dengan tangan kanan memegang permata pengabul permintaan, sedangkan tangan kirinya memegang air kebijaksanaan. Saat memasuki monumen, pengunjung dapat menemukan area kecil untuk berdoa dan membuat permohonan, serta 108 arca Buddha yang tersebar di dalamnya.

7. Guishan Guanyin, Tiongkok (99 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia787ee6ff98a96f55e.jpg

Terbuat dari perunggu berlapis emas, Guishan Guanyin of the Thousand Hands and Eyes menggambarkan Avalokitesvara. Terletak di Weishan, Provinsi Hunan, Tiongkok, patung dengan 32 lengan (16 di tiap sisinya) yang berdiri di atas lotus ini dibangun oleh Pemerintah Daerah Ningshan dengan bantuan organisasi keagamaan daerah setempat, yang menghabiskan dana hingga Rp 500 miliar untuk menyelesaikan bangunannya pada 2009.

8. Great Buddha of Thailand, Thailand (92 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia843571c6c5c73a2af.jpg

Patung Buddha berlapis emas tertinggi di Thailand ini berada di Biara Wat Muang di Provinsi Ang Thong, sekitar 140 km dari utara Bangkok. Dibuka pada 2008, patung ini memiliki banyak julukan, mulai dari Great Buddha of Thailand, The Big Buddha, The Big Buddha of Thailand, hingga Phra Buddha Maha Nawamin, dan Mahaminh Sakayamunee Visejchaicharn.

Patung dengan posisi bhumisparsa mudra (sikap tangan menenangkan bumi) tersebut menghabiskan biaya hingga Rp 56 miliar dan memerlukan waktu hingga 18 tahun untuk menyelesaikannya.

9. Patung Liberty, Amerika Serikat (93 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia9dcfd0f9ba818dd41.jpg

Patung tertinggi selanjutnya terletak di Amerika Serikat. Memiliki tinggi sekitar 93 meter, Patung Liberty merupakan salah satu ikon negara berjulukan Paman Sam tersebut.

Patung yang dibangun pada tahun 1886 merupakan patung yang dihadiahkan oleh Perancis kepada Amerika Serikat. Diresmikan pada 28 Oktober 1886 patung ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang tengah berlibur di Amerika Serikat.

10. Motherland Calls, Rusia (85 meter)
 

Patung-Tertinggi-Ini-Pembuatannya-Hingga-Menelan-Rp-6-Triluan-Indonesia-Nomor-3-Berikut-Deretan-Patung-Tertinggi-di-Dunia104a8dbabe4b675eac.jpg

Menjadi monumen paling penting di Rusia, patung yang terbuat dari beton setinggi 85 meter dengan berat sekitar 8.000 ton ini dibangun untuk menghormati Perang Dunia Kedua. Dibuka pada 1967, patung yang didesain oleh pematung Yevgeny Vuchetich dan Nikolai Nikitin tersebut bersemayam di Mamayev Kurgan, Volgograd (dulunya Stalingrad), Rusia.

Di sekitar bangunan juga terdapat kompleks monumen memperingati Pertempuran Stalingrad (Agustus 1942-Februari 1943). Pertempuran itu menjadi penentu kemenangan Soviet atas pasukan Axis di garda timur PD II dan bisa disebut sebagai pertempuran paling berdarah dalam sejarah manusia.