Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - eragam destinasi wisata terus berkembang di Kota Batu. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, dan sebagainya ada di kota yang memiliki tiga kecamatan ini.

Bagi kalian yang akan ke Kota Batu tapi masih bingung akan ke mana, berikut 10 wisata yang sangat recommended bagi wisatawan  tarif yang terjangkau, antara lain:

1. Batu Flower Garden

Salah satu pengunjung saat swafoto di area bersalju Jepang Batu Flower Garden Coban Rais di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. (Foto: istimewa)

Batu Flower Garden, Coban Rais di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. Wisata Alam Coban Rais itu mengandalkan spot-spot swafoto saat ini total ada 28 spot selfie khusus dewasa, dan untuk anak-anak ada delapan lokasi.  

Beberapa lokasi yang ditawarkan adalah spot foto berlatar belakang tebing. Di antaranya sky camp yang membuat pengunjung seolah berada di perkemahan dengan latar awan putih, spot panjang tebing, juga hammock, sepeda udara, eskimo, hobbit town, smurf, dan lain-lain. Untuk tiket masuknya Rp 25 ribu per orang. akan tetapi untuk masuk dibeberapa spot harus membayar. 

2. Coban Talun

Wisatawan saat berfoto di DAM Oyot Coban Talun. (Foto: Ist)

Coban Talun di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Di sana terdapat beberapa tempat spot instragamble mulai dari pagupon yang menyuguhkan keunikan penginapannya. Lalu hamparan bunga hortensia di taman bunga.

Ada juga oyot, yang membedakan wisata ini dengan wisata yang ada di Coban Talun? Yang membedakan adalah latar belakang selain pegunungan, hutan, juga ada latar belakang DAM (bendungan). Lalu Penginapan apache merupakan kawasan perkampungan Indian yaitu Apache.

Di sana para wisatawan akan diajak untuk menelusuri perkampungan dengan konsep dan juga suasana kampung Indian. Untuk tiket masuknya Rp 10 ribu, akan tetapi untuk masuk dibeberapa spot harus membayar. 

3. Coban Putri

Wisatawan saat berswafoto dengan latarbelakang Coban Putri. (Foto: ist(

Coban Putri di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo mengandalkan hutan dan pepohonannya memiliki daya tarik tersendiri karena spor swafoto yang instagramable. Mulai dari off roadnya, spot swafoto bintang, tangan, dua ayunan, flying fox, dan camping ground. Tarif masuknya hanya dibandrol Rp 10 ribu, tetapi untuk masuk dibeberapa spot harus membayar. 

4. Selecta

Para wisatawan yang sedang swafoto di area taman bungan Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Taman Rekreasi Selecta yang ada di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. Tempat yang sudah berdiri sejak puluhan tahun masih tetap menjadi favorit wisatawan di berbagai daerah.

Di tempat wisata ini terdapat Outbound, Flying Fox, Arena kuda khusus anak 5 tahun keatas, Playground, waterboom, skybike, Kiddie Ride, family coaster, dan rencana tahun ini akan memperluas pasa bunga. Tarif masuknya hanya dibandrol Rp 25 ribu, tetapi untuk masuk dibeberapa spot harus membayar. 

5. Wana Wisata Paralayang Gunung Banyak 

Salah satu atlet paralayang sedang melakukan olahraga paralayang di Wana Wisata Paralayang Gunung Banyak. (Foto:  Irsya Richa/MalangTIMES)

Wana Wisata Paralayang Gunung Banyak di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu ini menjadi favorit bagi mahasiswa dan remaja dari berbagai daerah. Ya karena keindahan gunung dan Kota Batu bisa dilihat jelas dari sana.

Terlebih di sana juga terdapat beragam spot swafoto yang insatgramable. Seperti taman langit, omah kayu, dan bisa menjajal olahraga paralayang. Tarif masuknya hanya dibandrol Rp 10 ribu, tetapi untuk masuk dibeberapa spot harus membayar. 

6. Goa Pinus 

Wisatawan saat berswafoto di wahana pulau melayang di Goa Pinus. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Goa Pinus di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji tempat wisata ini menyuguhkan wisata alam dengan pemandangan dan keunikan yang diangkatnya dengan mengusung adat Papua. Di sana terdapat Pulau Melayang, Cafe Papua, Rumah Adat Papua, perahu melayang, dan sebagainya. Tarif masuknya hanya dibandrol Rp 10 ribu, tetapi untuk masuk dibeberapa spot harus membayar. 

7. Pemandian Air Panas Songgoriti

Salah satu pengunjung menikmati pemandian air panas Songgoriti. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Di area pemandian air panas Songgoriti, ada kolam air panas outdoor dengan ukuran 8 x 6 meter. Kolam air panas itu mampu menampung 50 orang.

Untuk memanfaatkan kolam outdoor itu, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 25 ribu. Pengelola memberi bonus mi gelas dan air minum.

Jika malu berendam di area umum, wisatawan juga bisa memilih berendam di dalam kamar mandi. Satu kamar itu harganya Rp 20 ribu selama 30 menit. Kapasitasnya hanya untuk satu orang.

8. Cangar

Ratusan wisatawan saat berendam di kolam air panas Cangar. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pemandian air panas cangar yang terletak di kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji yang ada di Kota Batu ini, menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk merasakan sensasi air belerang. 

Bermodalkan tiket masuk Rp 5.500 dengan puas wisatawan menikmati kolam itu. Wisatawan bebas memilih kolam, karena di setiap kolamnya memiki suhu yang berbeda-beda.

9. Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Alun-Alun Kota Batu ini berada dipusat Kota Batu di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Untuk datang ke sana wisatawan tidak perlu merogoh kocek.

Tetapi di sana menyuguhkan beragam spot bermain. Mulai dari area bermaian anak gratis, bianglala, komedi putar, dua spot air mancur, dan banyak tempat duduk yang disuguhkan. Bagi yang ingin menikmati jajanan di sana terdapat ratusan Pedagang Kaki Lima dengan menyuguhkan beragam aneka jajajan.


10. Kampoeng Wisata De Berran

Anak-anak sedang asyik berenang di Kampoeng Wisata De Berran. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Kampoeng Wisata De Berran ini merupakan wisata yang dikembangkan oleh Desa Oro-oro Ombo. Letaknya di Dusun Pohkopek Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu, Kota Batu.

Wisata ini merupakan tempat pemandian. Dalam lahan tersebut terdapat tiga kolam dengan ukuran yang berbeda-beda. Kedalaman air ada yang 100 centimeter, 150 centimeter dan 80 centimeter. 

Satu kolam lebarnya beragam, mulai 50 sampai 200 meter persegi. Kelebihan De Berran ini adalah airnya dari mata air. Sehingga ketiga kolam ini dialiri air dari mata air. Untuk masuk wahana ini hanya Rp 5 ribu per orangnya. 

 

End of content

No more pages to load