Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Cukup Langka, 10 Buah Khas Kalimantan ini Kini Makin Sulit Ditemui

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

18 - Feb - 2019, 07:51

Buah keledang yang mirip buah nangka atau cimpeda ini buah khas yang langka di Kalimantan. (Ist)
Buah keledang yang mirip buah nangka atau cimpeda ini buah khas yang langka di Kalimantan. (Ist)

MALANGTIMES - Buah-buahan di Kalimantan sungguh banyak dan beragam, terutama buah-buahan endemik dan khas hutan Kalimantan. Namun saat ini cukup susah untuk mendapatkan buah-buah khas Kalimantan meski telah menjelajahi pasar-pasar tradisional.

Kadang buah-buahan tersebut justru dijual langsung oleh masyarakat yang usai memanen hasil kebun buah mereka di pinggir jalan saja.   Berikut 10 buas khas Kalimantan sulit ditemukan:

1. Keledang

Buah keledang termasuk buah langka di Kalimantan, seiring dengan semakin habisnya hutan karena banyak faktornya. Buah ini mirip sekali dengan nangka dan cimpeda karena masih satu family, yakni family moraceae. Keledang ini berukuran kecil, sebesar genggaman tangan orang besar. Nampak dari luar buah ini juga mirip dengan buah cimpeda hanya saja keledang agak bulat. Jika dibuka daging buah ini berwarna jingga kemerahan dan bentuk dagingnya seperti cimpeda namun sedikit lebih besar daging buah cimpeda. Rasanya seperti rasa nangka dan manggis yakni manis dan sedikit rasa asam. Dan buah ini tidak memiliki aroma. 

2. Lahung

Tidak mudah untuk mendapatkan buah lahung ini. Buah lahung ini mirip dengan durian dari luarnya. Namun uniknya lahung berwarna merah dan jika dibelah isinya berwarna kuning rasanya tidak jauh beda dengan durian. 

3. Kasturi

Buah kasturi ini mirip dengan buah mangga namun berukuran lebih kecil seperti buah sawo. Aromanya pun mirip mangga, kulit buahnya berwarna hijau tua agak kehitaman daging buahnya kuning hingga jingga dan rasanya manis segar. Buah ini masih cukup banyak tumbuh di Kalimantan tapi hanya sedikit yang mengetahui.

4. Asam Putar

Buah asam putar ini sejenis buah mangga yang rasanya asam. Asam putar juga disebut asam pulasan dan keunikan buah ini adalah bijinya bisa dilepas dengan cara berputar. Sehingga karena rasanya asam buahnya dapat diputar untuk melepaskan biji dinamakan asam putar. Buah ini bisa ditemukan di pedalaman. 

5. Wanyi

Buah wanyi mirip dengan mangga namun ukuran sedikit lebih besar. Wanyi berbentuk lonjong, kulitnya berwarna hijau ada sedikit corak kehitaman. Dagingnya berwarna putih, rasanya manis keasaman dan beraroma sangat tajam. Buah ini sangat langka ditemukan di daerah kota, mungkin hanya ada di hutan-hutan Kalimantan saja. 

6. Bemotong

Buah bemotong ini tumbuh bergerombol tersusun beberapa buah dalam satu tandan di pangkal batang terdapat di atas tanah. Ketika masih di pohon warna buah merah, tapi setelah dipetik berubah menjadi kecokelatan.  Daging buah bemotong berwarna ungu atau putih ada biji kecil di tengahnya dan rasanya manis. Untuk buah bemotong lonjong-lonjong berukuran kecil dan layaknya huah melinjo.

7. Ramania

Buah ramania mungkin bisa dijumpai saat di akhir tahun. Walau tidak terlalu banyak, buahnya bulat berwarna hijau hingga kuning dan bergerombol di satu ranting. Buah yang matang dan bisa dikonsumsi adalah yang berwarna kekuningan. Daging buah ini kekuningan dan memiliki biji di bagian tengahnya. Rasanya manis hingga asam dan segar.

8. Kapul

Buah kapul serupa dengan buah manggis. Buah ini seperti warna kayu dan manggis warna ungu kehitaman, di bawahnya terbentuk mahkota atau seperti bintang yang menggambarkan banyaknya isi buah di dalamnya. Sedangkan kapul tidak ada dan buah kapul ada yang berwarna putih dan kuning. Soal rasa keduanya memiliki manis dan sedikit asam. 

9. Rambai

Buah rambai ini serupa dengan buah langsep atau duku dan memiliki rasa manis ke asaman. Rambai tumbuh dan menyebar di Indonesia ke arah Pasific Barat. Masa panen rambai berarti musim buah akan segera berakhir.

10. Ihau

Buah ihau disebut mata kucing bagi sebagian orang dan setelah melihat isi buahnya banyak yang menyebut ihau sebagai kelengkeng asli Kalimantan. Ihau merupakan buah asli Kalimantan Timur mungkin juga terdapat di hutan Kalimantan lainnya. Termasuk hutan Malaysia dan Brunei Darussalam. Rasanya manis seperti buah kelengkeng. Daging buah berwarna putih dengan biji warna cokelat di bagian tengahnya. Sedikit perbedaan memiliki tekstur kulit  berbintik menjol keluar di bagian kulitnya.


Topik

Kuliner buah-langka 10-buah-langka-di-dunia buah-buahan-endemik buah-khas-kalimantan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus