Foto istimewa

Foto istimewa



MALANGTIMES - Hampir sebagian besar orang menyukai buah. Setiap orang pun tidak hanya memakan satu jenis buah saja, melainkan banyak jenisnya. Namun sebenarnya, buah yang kita kenal dan kita makan saat ini masih segelintir saja jika dibandingkan dengan buah-buah yang ada di luar sana.

Banyak buah di muka bumi ini yang tidak semua pernah kita lihat. Rasanya pun berbeda-beda dan memiliki bentuk yang beragam. Beberapa di antaranya memiliki bentuk yang aneh. Berikut ini 9 buah teraneh yang ada di dunia.

1. Snapdragon
 

Beberapa foto buah berbentuk aneh menyebar di media sosial. Foto ini menjadi bahan pembicaraan banyak orang karena menampilkan gambar buah dengan bentuk yang menyerupai zaqqum, buah yang menjadi makanan bagi penghuni neraka.

Tapi ternyata telusur punya telusur, foto ini bukanlah foto buah tapi sejenis bunga. Bunga ini bernama Snapdragon. Berbentuk dengan wajah yang memiliki mulut seperti sedang berbicara, seperti tengkorak.

Nama Snapdragon sendiri berasal dari kata Yunani yang berarti anti hidung. Beberapa orang menganggap tanaman ini mempunyai kekuatan mistik. Di Indonesia, bunga ini biasanya disebut bunga mulut naga.

Rupanya akan berbeda saat mekar dan layu. Saat layu itulah bunga ini akan berbentuk seperti tengkorak.

2. Deliciosa

Buah Deliciosa ini memiliki bentuk yang panjang dan mengerikan. Rasa buah ini tidak sejahat bentuknya, yakni rasa kombinasi antara pisang dan nanas. Warna buahnya hijau sehingga seperti masih mentah. Ukuran buah ini mencapai 25 cm.

Deliciosa masuk dalam keluarga anggur dan bermanfaat untuk obat-obatan. Buah ini bisa mengobati gigitan ular dan radang sendi. Namun hati-hati, bagi beberapa orang buah ini bisa mengakibatkan urtikaria atau ruang kulit berair. Akibatnya akan terasa perih jika ruamnya pecah.

Asam oksalat yang terkandung dalam buah ini juga cukup berbahaya. Jadi jangan terlalu banyak dimakan dan sediakan air putih.

3. Bemotong
 

Buah Bemotong adalah buah yang bergerombol di pangkal batang di atas tanah, berwarna merah, dan akan segera berubah coklat saat dipetik dari pohonnya. Buahnya itu berukuran seujung pena tersusun di dalam tandan. Dagingnya berwarna ungu atau putih dan ada biji kecil di tengahnya.

Rasa buah ini katanya sungguh manis. Buah ini bisa kalian dapatkan di Kalimantan karena buah ini adalah salah satu buah teraneh yang ada di Pulau Borneo.

4. Semangka Kotak

Ada semangka yang bentuknya beda dan unik yakni berbentuk kotak kecil. Semangka kotak ini dikembangkan oleh salah satu petani di Jepang. Bukan dari bibit yang istimewa, hanya saja petani Jepang ini memakai cetakan khusus.

Saat semangka ini sudah mencapai ukuran setengah maksimal, buah yang terbaik akan dimasukkan ke dalam cetakan yang berbentuk kotak itu. Buah akan tumbuh semakin besar di dalam kotak tersebut. Dan tentunya akan berbentuk seperti wadah tempatnya berada.

5. Labu Frankenstein
 

Labu pada hari Halloween akan selalu dibentuk serupa wajah manusia. Lentera Jack'O Lantern ini akan memenuhi rumah-rumah saat perayaan internasional tersebut. Tapi bagaimana jika labu ada yang berbentuk kepala manusia langsung dari pohonnya?

Seorang petani terinspirasi dari budaya perayaan Halloween tersebut dan menghasilkan labu dengan bentuk kepala Frankenstein. Saat masih muda, labu dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk kepala Frankenstein. Semakin besar, labu tersebut akan berkembang dan memenuhi cetakan dan akhirnya akan berbentuk seperti cetakannya.

5. Pir Buddha
 

Ada satu buah pir yang dikembangkan oleh seorang petani Tiongkok bernama Hao Xianzhang. Sebenarnya ia terinspirasi dari kisah legenda Sun Go Kong. Di kebun pirnya ia menggunakan fiberglass berbentuk Buddha.

Buah pir yang masih muda dimasukkan ke dalam cetakan selama 6 bulan lamanya. Jika sudah agak matang dan dewasa, buah pir itu akan berbentuk Buddha. Jadi ketika ada buah yang bergantung di pangkal yang sama, bentuknya akan seperti Buddha atau bayi kembar yang berdekatan.

6. Nareepol

Sebuah gambar buah juga pernah menjadi bahan obrolan warganet. Gambar ini menampilkan buah yang berbentuk seperti manusia yang bergantung. Jika diperhatikan baik-baik serupa gadis telanjang.

Foto buah yang menyebar pertama kali di Thailand ini diberi nama Nareepol. Namun, dari banyak penelusuran, buah ini dianggap tidak benar-benar ada. Ini berawal dari respon para agamawan dan ilmuwan.

Apalagi sumber yang ada hanya foto ini saja, serta penjelasan aneh bahwa tumbuhan ini ditemukan di Himalaya dan mekar hanya sekali dalam 20 tahun.

7. Coco de Mer
 

Coco de Mer adalah kelapa langka dari Seseils. Pohon kelapa ini seperti pohon palem. Coco de Mer ini memiliki batang ranting yang tinggi, berukuran lebih dari 30 meter. Bilah daunnya mengembang hampir 5 meter dan di mahkotanya ada banyak daun. Daunnya sering terlipat di tepi dan ujungnya layu menggantung di bawah mahkota.

Yang terkenal dari tanaman ini adalah bijinya sangat besar. Dan disebut dengan biji terbesar dan terberat yang pernah ada. Biji-biji tersebut kabarnya mirip dengan pantat wanita. Makanya nama botani dari Coco de Mer ini adalah Lodoicea Callipyge yang artinya bokong wanita.

Tanaman ini menjadi tanaman yang paling misterius. Kacangnya banyak diperdagangkan di Maladewa dan sangat dihargai oleh para pangeran Timur Tengah, bahkan Kaisar Romawi Suci.

8. Kiwano
 

Inilah timun yang dianggap paling aneh, yakni Kiwano, mentimun dari Afrika. Di Amerika Serikat, buah ini disebut blowfish fruit karena mirip sama ikan buntal. Rasa buahnya adalah campuran antara jeruk nipis, mentimun, dan sedikit ada rasa pisang. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan nutrisi yang cocok untuk melancarkan pencernaan dan tentunya kekebalan tubuh.

9. Loofah dan Hydnora Africana
 

Di Vietnam ada buah yang bentuknya seperti payudara wanita. Nama buah ini adalah loofah.

Nah, bunganya sendiri mirip seperti alat kemaluan wanita. Namanya bunga parasit yang dikenal dengan baunya yang sangat busuk. Bebabuan busuk yang dikeluarkan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga agar masuk ke dalam celah yang terbuka. Celah terbuka itu adalah bentuk bunga yang kuncup dan terbuka selama 3 hari.  Bunga ini bernama Hydnora Africana.

Sementara Loofah juga ada di Indonesia. Hanya saja bentuknya berbeda. Di tanah air, biasanya disebut sama gambas. Selain dimakan, loofah ternyata juga bisa digunakan sebagai spons mandi atau pencuci piring. 

End of content

No more pages to load