Hijaber Ranie Dwi Karlina (ist)

Hijaber Ranie Dwi Karlina (ist)



MALANGTIMES - Kurang lebih, ada 4 jenis kerudung yang sering dipakai oleh para hijabers, yakni kerudung segi empat, pashmina, instan, dan bergo. Semua jenis hijab memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Ada yang simple, bisa dikreasikan bermacam-macam model, instan, dan lain-lain. Jenis hijab tertentu juga cocok dengan bahan tertentu.

Kenyamanan berhijab juga dipengaruhi oleh kualitas hijab yang dipilih. Di bawah ini dijelaskan bahan-bahan hijab yang cocok untuk jenis hijab segi empat, pashmina, dan instan versi Youtuber dan Hijaber Ranie Dwi Karlina. Semuanya berdasarkan pengalaman pribadinya selama berhijab. Di bawah ini juga dijelaskan mengapa Ranie sangat mencintai kerudung berbahan voal.

1. Bahan untuk Hijab Segi Empat
Umumnya, ukuran hijab ini sekitar 115 x 115 cm. Bahan-bahan hijab ini  bermacam-macam, mulai dari katun, katun rayon, poly cotton, double hycon, voal, dan lain-lain. Ranie paling banyak memiliki hijab segi empat berbahan poly cotton dan voal.

"Tapi di antara dua ini kalau aku disuruh milih aku lebih milih voal," tandasnya.

Hijab poly cotton biasanya kerap dipakai artis Laudya Chintya Bella. Kainnya licin dan bahannya lebih tipis. Untuk itu dianjurkan memakai ciput. Hijab ini cocok digunakan untuk acara resmi.

"Alasan aku suka voal, karena voal tidak gampang lecek, halus banget, menempel di rambut, dan nempel di ciput. Jadi kalau kalian lagi gerah males banget pakai ciput bisa langsung pakai kerudung voalnya aja," papar Ranie.

Ranie melanjutkan, hijab voal juga sangat memudahkan ketika dibawa travelling. Tanpa perlu repot-repot disetrika, hijab ini akan membentuk dengan sempurna mengikuti wajah tanpa ada lipatan ketika dikenakan.

Namun, hati-hati dalam memilih bahan voal. Pastikan hijab voal yang kamu beli adalah voal asli. Voal asli memiliki ciri tebal, tidak menerawang, dan tidak berbulu.

2. Bahan untuk Pashmina
Pashmina umumnya berukuran 180 x 70 cm, bisa kurang bisa lebih. Bahkan lebarnya bisa juga mencapai 2 meter. Bahan pashmina yang bagus ada bermacam-macam, mulai dari ima, diamond, ceruti diamond, ceruti, double hycon, dan baby doll. Nah, saat ini yang sedang happening adalah bahan baby doll.

Untuk bahan diamond dan ceruti dimond, bedanya adalah, kalau dimond tebal dan elastis. Sedangkan kalau ceruti diamond lebih tipis, lebih lemas, namun sama-sama elastis.

"Yang paling aku suka adalah bahannya baby doll. Sebelum aku ketemu sama baby doll ini aku suka banget sama ceruti diamond," pungkas Ranie.

Alasannya kini suka baby doll adalah karena bahannya tidak mudah kusut, nyaman, dingin, dan elastis meski tidak seelastis diamond.

"Tapi ini cukup menurut aku cukup nyaman," imbuhnya.

Yang perlu jadi catatan, dalam memakai pashmina baby doll, baiknya harus tetap pakai ciput. Khususnya untuk warna-warna yang terang, seperti krem atau putih karena agak sedikit nerawang.

"Baby doll gampang banget dibentuk, nempel tanpa harus pakai peniti, untuk dibikin layer-layer juga cantik banget," paparnya.

3. Bahan untuk Pashmina Instan
Pashmina instan biasa disingkat menjadi pastan. Berbeda dengan pashmina biasa, pastan merupakan modifikasi dari pashmina persegi panjang yang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipakai langsung secara instan tanpa harus ribet membentuk bentuk lagi.

Kekurangannya, kadang lubang hijab pastan tidak cocok dengan wajah kita. Nah, untuk mensiasatinya, Ranie membeli bahan kerudung instan yang elastis.

"Jadi kalaupun kekencengan itu nggak akan bikin kecekek. Bisa berbentuk bahan diamond atau ceruti diamond. Itu udah paling the best," jelasnya.

 

End of content

No more pages to load