Allosaurus
Allosaurus

MALANGTIMES - Tyrannosaurus Rex (T-Rex) adalah dinosaurus terganas? T-Rex adalah dinosaurus pemakan daging terbesar dan terkuat? Selama ini, itulah yang banyak kita ketahui, bahwa T-Rex-lah hewan purba yang paling ganas dan buas.

Namun, semua berubah tahun 1990-an, setelah tiga kerangka hewan purba ditemukan di Amerika Selatan dan Afrika. Dan, predikat raja karnivora untuk T-Rex tergantikan. Bahkan, banyak hewan yang diidentifikasi lebih ganas daripada T-Rex. Inilah hewan-hewan itu.

1. Giganotosaurus Carolini 

Sejenis dinosaurus dan hampir mirip dengan Tyrannosaurus Rex. Tapi ukurannya 2-3 meter lebih besar daripada T-Rex. 

Baca Juga : Sejarah Mencatat, Indonesia Pernah Diserang Wabah Penyakit Menular Hingga Karantina Wilayah yang Diabaikan

Sebagai acuan, panjang T-Rex lebih kurang 13 meter. Yang membedakan adalah ukuran tubuhnya. Tiga cakar Giganotosaurus Carolini dan lengannya berukuran lebih besar. Sedangkan T-Rex hanya memiliki dua cakar dan lengan yang kecil.

Tulang-tulang Giganotosaurus Carolini seperti sirip di permukaan tubuhnya dan moncong hingga ujung ekornya. Gigano itu terkenal sebagai raja kadal karena besar tubuh dan keganasannya. Panjangnya 14,5 meter. Tetapi ukuran itu masih diragukan karena bisa tumbuh hingga 16 meter saat ditemukan di Gurun Argentina tahun 1990.

2. Spinosaurus 

Dinosaurus ini pemakan daging besar yang memiliki duri di punggungnya. Hewan ini hidup pada periode Cretaceous akhir atau 98 juta tahun yang lalu. 

Di tempat yang sekarang di Afrika, Spinosaurus disebut dengan kadal berduri karena memiliki duri saraf besar 1,8 meter yang keluar dari tulang punggung. Ia memiliki panjang tubuh 15 meter dengan berat 4 ton.

3. Megalosaurus

Dinosaurus pertama ditemukan oleh manusia. Memiliki rahang dan gigi besar yang membuktikan Megalosaurus pemakan daging yang ganas. Memiliki panjang 9 meter dan tinggi 3 meter serta berat 1.300 kilogram. Hidup pada zaman Jurassic atau 150 juta tahun yang lalu.

4. Allosaurus

Merupakan pemakan daging ditemukan pada tahun 1869. Penemuannya di Benua Amerika, Afrika, dan Eropa. Allosaurus  hidup pada zaman Jurassic atau 208 juta yang lalu. 

Konon, Allosaurus merupakan nenek moyang dari T-Rex dengan panjang 12 meter, tinggi 5 meter, dan berat 4 ton. Tetapi Allosaurus tidak dapat berlari cepat. Mereka berburu secara kelompok mirip cara singa dan serigala berburu pada zaman sekarang. Allosaurus suka makan bangkai binatang. 

5. Sinosauropteryx

Sinosauropteryx berarti sayap bereptil China dengan memiliki mantel bulu dan sayap. Mereka juga memiliki ekor panjang dan lengan pendek. Diperkirakan tinggal di bagian timur Tiongkok.

6. Liopleurodon

Dinosaurus yang memiliki gigi sisi yang halus ini tinggal di dalam laut. Hidup selama periode Jurassic tengah dan bisa tumbuh dengan panjang 25 meter.

 Fosilnya kebanyakan ditemukan di wilayah Inggris dan Prancis. Namun ada juga yang ditemukan di Rusia. Mereka memiliki 4 anggota badan yang kuat, sekaligus menunjukkan perenang yang kuat. Liopleurodon merupakan jenis dinosaurus yang paling berbahaya di lautan. 

7. Troodon

Dinosaurus kecil ini menyerupai burung. Fosil mereka ditemukan saat tahun 1985 di Amerika Utara. Lebih banyak ditemukan di area Texas. 

Troodon memiliki arti gigi yang melukai. Karnivora ini memiliki panjang hingga 2,5 meter dan berat lebih 50 kilogram. Meskipun memiliki badan yang kecil, hewan ini cukup mematikan.

8. Kronosaurus 

Kronosaurus berarti kadal kronos. Kronos adalah nama pimpinan para titan dan dalam mitologi Yunani. Dinosaurus ini memiliki leher yang pendek. 

Baca Juga : Cerita Warga Kota Malang di Arab saat Corona Merebak, Berikut Pernyataan KBRI di Riyadh

Dengan memiliki panjang badan 13 meter, mereka dilengkapi dengan gigi besar yang panjangnya lebih dari 7 sentimeter. Fosil mereka ditemukan di wilayah Australia.

9. Velociraptor 

Dinosaurus ini dihadirkan di film Jurassic Park sebagai pemburu yang cerdas. Namanya memang berarti pencuri yang gesit. Hewan ini hidup lebih dari 75 juta tahun yang lalu. 

Fosil mereka ditemukan di area China. Secara fisik,  Velociraptor memiliki berat badan 20 kilogram, panjang 2,5 meter, tinggi 1 meter. Suka menyerang secara berkelompok. 

10. Carcharadontosaurus

Merupakan dinosaurus raksasa yang hidup 193 juta tahun yang lalu. Ditemukan dan terbesar ke-2. Lebih besar daripada Giganosaurus dan Tyrannosaurus, tetapi tidak besar dari Spinosaurus. Karnivora terbesar dan terganas dengan panjang 13 meter dan berat 15 ton. 

11. Suchimimus

Seekor dinosaurus predator yang besar seperti tengkorak. Mirip buaya dengan kuku ibu jari yang besar. Memiliki panjang 11 meter dan tinggi 4 meter. Lengan depan yang kuat dan cakar-cakar di ibu jari dipakai untuk menjerat mangsa. 

12. Ornitholestes 

Ornitholestes merupakan dinosaurus yang rapi, cepat dan tangkas. Dinosurus ini pemangkas yang pernah menjelajah hutan Amerika Utara. Mereka memiliki lengan yang kuat, tangan yang mencengkeram, dan cakar panjang yang sangat baik untuk menyambar korbannya dan menyibak daging. 

Dapat berbalik arah, melompat, dan menukik untuk membingungkan korbannya. Dan dapat bersatu dengan kelompok lainnya untuk memburu dan membunuh dinosaurus yang lebih besar.

13. Sarcosuchus

Berarti buaya daging hidup 112 juta tahun yang lalu di wilayah Afrika. Punya panjang 12 meter, berat 8 ton. Ia dikategorikan dinosaurus yang memiliki gigitan mematikan.  (*)