Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Silver Needle: Teh Terbaik Indonesia Seharga Rp 2 Juta/Kilogram

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

16 - Jun - 2024, 06:44

Placeholder
Silver Needle, teh terbaik yang berasal dari Indonesia. (Foto dari Good News From Indonesia)

JATIMTIMES - Teh merupakan minuman yang tidak akan bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Kebiasaan masyarakat Indonesia meminum teh di pagi hari membuat teh sangat identik yang dengan Indonesia. 

Indonesia dengan kekayaan alamnya memiliki berbagai jenis teh yang berkualitas. Namun dari banyaknya teh yang ada, terdapat satu teh yang kualitasnya tidak perlu diragukan. Teh tersebut adalah Silver Needle atau teh putih

Baca Juga : Ustaz Adi Hidayat: 5 Sunah Jelang Salat Idul Adha

Teh tersebut disebut-sebut sebagai teh terbaik asal Indonesia. Di pasaran, teh putih dibanderol dengan harga Rp. 1,5 - 2 juta per kilogramnya, sangat mahal jika dibandingkan jenis teh yang dapat kamu temui di minimarket atau rumah. 

Ada beberapa alasan mengapa teh putih memiliki harga yang fantastis. Melansir kanal YouTube @Teh Indonesia, beberapa hal ini mungkin bisa menjawab alasan mengapa teh putih memiliki harga yang sangat tinggi. 

Kuncup Teh Masih Belum Terbuka

Alasan pertama mengapa teh putih bisa mahal karena teh putih merupakan terbaik yang ada di Indonesia. Hal itu karena yang dipetik dari teh putih adalah kuncup teh yang masih tergulung dengan adanya bulu putih yang menyelimutinya.

Dipetik Secara Manual dan Waktu yang Ditentukan

Lalu, alasan mengapa teh putih sangat mahal karena proses pemetikan teh yang dilakukan secara manual oleh para petani teh sebelum matahari terbit. Biasanya, pemetikan teh putih dilakukan pada saat matahari pagi belum bersinar terik di antara jam 5 - 9.

Alasan pemetikan di jam tersebut adalah untuk mendapatkan kualitas pucuk teh yang belum terbuka sehingga menghasilkan aroma teh yang sangat wangi. Selama proses pemetikan, teh putih ini dipetik secara hati-hati sehingga kuncup atau daunnya tidak rusak dan kotor. 

Proses Pengolahan Teh yang Lama

Selain karena pemetikan teh yang dilakukan secara manual dan waktu yang ditentukan, alasan lain mengapa teh ini bisa mahal adalah karena proses pengolahan teh yang juga dilakukan secara manual dan memakan waktu. 

Di mana, setelah dipetik teh harus dikeringkan dibawah terik matahari dan suhu ruang selama beberapa hari, tanpa terkena air sedikit pun serta tanpa proses fermentasi. Setelah di jemur, daun teh tersebut disortasi dari daun-daun yang rusak dan menghitam sehingga hanya daun dengan kualitas terbaik saja yang dipilih. 

Baca Juga : Dipecat, Dua Staf KONI Kabupaten Banyuwangi Tuntut Keadilan

Kemudian daun teh tadi dioven pada suhu 60OC dan disterilisasi dengan sinal ultraviolet untuk meminimalisir kandungan air yang ada serta steril dari patogen. Dan akhirnya setelah melewati proses panjang tadi silver needle atau teh putih bisa dinikmati.

Tips Penyeduhan Teh Putih

Untuk menyeduh teh putih, tidak diperlukan air panas di atas 80derajat. Sebab penyeduhan teh yang satu ini bisa hanya menggunakan air panas dispenser saja. 

Manfaat Teh Putih untuk Tubuh

Teh Putih memiliki kandungan makronutrien (lemak atau protein), sehingga hanya memiliki kandungan antioksidan murni saja. Teh putih kaya akan antioksidan seperti polifenol dan katekin yang sangat berfungsi untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Teh putih juga memiliki kandungan antioksidan 100 kali lebih banyak dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E. Teh ini juga mengandung polifenol yang berguna mencegah penuaan dini serta ekstraknya dapat diaplikasikan ke kulit untuk melindungi dari efek sinar UV. 

Teh satu ini juga sangat cocok digunakan untuk menurunkan berat badan. Sebab didalamnya juga terdapat kandungan katekin dan epigalokatekin galat yang bagus untuk membakar lemak dalam tubuh.


Topik

Serba Serbi teh putih silver needle teh manfaat teh putih harga teh putih



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana