Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

5 Bulan 5 Kasus Bunuh Diri, Polresta Malang Minta Waspadai Perubahan Perilaku

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

04 - Jun - 2024, 20:40

Placeholder
Penemuan jenazah usai diduga bunuh diri di Jembatan Tunggulmas, Kecamatan Lowokwaru pada 6 Mei 2024. (Foto: Polsek Lowokwaru)

JATIMTIMES - Sepanjang bulan Januari hingga 4 Juni 2024, Polresta Malang Kota mendapati kejadian percobaan bunuh diri sebanyak 5 kasus di wilayah hukum Kota Malang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan aksi bunuh diri terjadi, yakni putus asa, tidak ada perhatian dari keluarga hingga percintaan.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Humas Polresta Malang Kota Ipda Yudi Risdiyanto saat berada di kantornya, Selasa (4/6/2024). 5 kejadian itu merupakan kasus percobaan bunuh diri dengan meloncat dari jembatan dan gantung diri. “5 kejadian ini rata-rata terjadi di Kecamatan Lowokwaru 4 kasus dan baru-baru di Kecamatan Blimbing,” ungkap Yudi.

Baca Juga : Sediakan Fasilitas bagi Anak-Anak hingga Lansia, Polresta Malang Kota Kantongi Prestasi Best Innovation

3 kasus merupakan percobaan bunuh diri dengan loncat dari jembatan. Namun dari 3 kasus ini 2 di antaranya berhasil digagalkan warga maupun pihak kepolisian.

2 kasus lainnya adalah percobaan gantung diri, 1 diantaranya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Rata-rata kasus percobaan bunuh diri yang terjadi di Kota Malang sering dialami kaum hawa, dari 5 kasus 3 diantaranya wanita.

Terbaru kasus percobaan bunuh diri dilakukan seorang janda EP (33) di Jembatan Brantas Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Blimbing. Alasannya melakukan perbuatan tersebut karena putus asa.

Dalam kasus tersebut percobaan bunuh diri berhasil digagalkan warga dan petugas kepolisian. Rata-rata kasus percobaan bunuh diri karena beberapa faktor, yakni masalah percintaan dan masalah keluarga.

Karena itu peran serta dari masyarakat khususnya dari pihak keluarga juga sangat diperlukan. Terlebih jika didapati anak maupun sanak keluarga tetiba berubah menjadi pendiam perlu diwaspadai.

Baca Juga : Percobaan Bunuh Diri Seorang Janda Digagalkan Polisi dan Warga di Jembatan Brantas Malang

“Apabila mendapati ada anggota keluarga atau temannya berubah sifat atau perilaku secara mendadak tiba-tiba jadi pendiam di dalam kamar perlu diwaspadai,” imbuh Yudi kepada JatimTIMES.

Yudi pun mengimbau kepada keluarga dekat untuk memberikan perhatian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Bentuk perhatian kepada keluarga sangat penting,” imbau Yudi.


Topik

Peristiwa yudi risdiyanto kota malang bunuh diri kasus bunuh diri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya