Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Ranu Klakah, Oase Damai di Tengah Hijau Kabupaten Lumajang

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

03 - Jun - 2024, 15:33

Placeholder
Seorang wisatawan menikmati keindahan Ranu Klakah.(Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, menyimpan segudang kekayaan potensi wisata yang siap memanjakan para wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang paling memikat adalah Ranu Klakah, sebuah danau alami yang terletak di Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah. 

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan berbagai aktivitas seru, Ranu Klakah menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.


Keindahan Alam Ranu Klakah

Baca Juga : DPRD Jatim Usul Dishub Buka Trans-Jatim Koridor Jember-Lumajang, Ini Alasannya

Ranu Klakah adalah sebuah danau alami yang terbentuk dari letusan Gunung Lemongan. Danau ini memiliki luas sekitar 22 hektare dengan kedalaman mencapai 30 meter. Terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, kawasan ini menawarkan udara yang sejuk dan segar, menjadikannya tempat yang ideal untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Air di Ranu Klakah sangat bersih dan jernih, berasal dari sumber mata air di sekitar danau. Dari tepi danau, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luas dan terbuka, terutama jika cuaca cerah dan tidak tertutup kabut. Latar belakang Gunung Lemongan yang menjulang tinggi semakin menambah keindahan panorama Ranu Klakah.

Di sekitar Ranu Klakah, terdapat dua danau lain yang jaraknya tidak terlalu jauh, yaitu Ranu Pakis dan Ranu Bedali. Ketiga danau ini membentuk satu kesatuan yang menawarkan pengalaman wisata alam yang lengkap.


Aktivitas Menarik di Ranu Klakah

Berlibur di Ranu Klakah tidak hanya sekadar menikmati pemandangan alam yang memukau. Tempat ini menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung untuk membuat liburan mereka semakin berkesan. 

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dinikmati di Ranu Klakah:

1. Keliling Danau Menggunakan Perahu

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Ranu Klakah adalah dengan mengelilingi danau menggunakan perahu. Pengunjung memiliki opsi untuk menyewa perahu yang tersedia di loket yang berada di samping pelabuhan. Dengan menggunakan perahu, wisatawan dapat menjelajahi setiap sudut danau tanpa harus berjalan kaki, memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda. Aktivitas ini tidak hanya memungkinkan pengunjung untuk melihat keindahan danau dari berbagai sudut, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menikmati kesejukan angin dan ketenangan air danau yang jernih.

2. Bermain di Taman Bermain

Bagi keluarga yang membawa anak-anak, tersedia taman bermain yang terletak di samping pintu air Ranu Klakah. Taman bermain ini dilengkapi dengan berbagai permainan yang aman dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat bermain dengan gembira. Di sekitar taman, terdapat pohon-pohon rindang yang membuat suasana semakin sejuk dan nyaman, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin bersantai sambil mengawasi anak-anak mereka bermain.

3. Melihat Masyarakat Memancing

Ranu Klakah juga menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar untuk memancing. Di pagi dan sore hari, pengunjung dapat melihat aktivitas memancing dan penjaring ikan yang dilakukan oleh penduduk setempat. Danau ini memiliki banyak jenis ikan tawar, seperti nila dan tawes, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk hobi memancing. Melihat masyarakat lokal memancing memberikan wawasan tentang kehidupan sehari-hari mereka dan menambah pengalaman liburan dengan nuansa budaya lokal yang khas.

4. Menikmati Kuliner di Warung Apung

Setelah puas berkeliling dan menikmati pemandangan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan khas di warung apung yang terletak di tepi danau. Warung-warung ini menyajikan berbagai olahan ikan tawar dengan harga yang terjangkau. Hidangan yang disajikan sangat segar karena ikan yang digunakan langsung berasal dari danau. 

Namun, sebaiknya pengunjung menanyakan harga terlebih dahulu untuk menghindari kesalahpahaman dan memastikan bahwa mereka mendapatkan harga yang sesuai dengan anggaran. Makan di warung apung ini memberikan pengalaman kuliner yang unik, sambil menikmati pemandangan danau yang tenang.

Dengan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan, Ranu Klakah tidak hanya memberikan pengalaman menikmati pemandangan alam yang indah, tetapi juga berbagai kegiatan yang membuat liburan semakin menyenangkan dan berkesan.

Fasilitas Penunjang Wisata

Ranu Klakah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Tersedia musala, toilet, area kemah, dan spot foto dengan pemandangan alam yang indah. Dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, pengunjung dapat menikmati semua fasilitas ini. Namun, perlu diingat bahwa harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Jam Operasional dan Waktu Kunjungan Terbaik

Ranu Klakah menyambut pengunjung setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Namun, bagi mereka yang ingin menikmati pengalaman wisata yang optimal, disarankan untuk mengunjungi Ranu Klakah pada pagi atau sore hari. Pada saat-saat tersebut, pemandangan di sekitar danau tampak lebih memukau, dengan sinar matahari yang memainkan warna-warni indah di permukaan air dan bayangan-gunung yang terpantul. Udara juga terasa lebih segar dan bersih, memberikan sensasi yang menyegarkan bagi pengunjung. 

Selain itu, mengunjungi Ranu Klakah di pagi hari juga memberikan kesempatan langka untuk menyaksikan keajaiban alam, yaitu matahari terbit yang memancarkan keindahan yang memukau serta memperkaya pengalaman liburan mereka.

Rute Menuju Ranu Klakah

Lokasi Ranu Klakah terletak dalam jarak yang cukup dekat dari pusat Kota Lumajang, sehingga mudah diakses oleh para wisatawan. Jarak tempuhnya sekitar 26,7 kilometer dengan waktu perjalanan kurang lebih 44 menit, tergantung dari lalu lintas dan kondisi jalan. Rute perjalanan menuju Ranu Klakah melalui Jalan Ranu Klakah, kemudian melalui Jalan Dieng, dan terakhir melalui Jalan Merdeka Bodang. Meskipun begitu, akses menuju lokasi sangatlah mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Bagi para traveller yang ingin memastikan rute perjalanan yang optimal,  dapat memanfaatkan berbagai aplikasi navigasi seperti Google Maps. Dengan aplikasi ini, traveller dapat mendapatkan informasi tentang rute tercepat, kondisi lalu lintas, serta estimasi waktu perjalanan secara real-time. Dengan demikian, perjalanan menuju Ranu Klakah akan menjadi lebih nyaman dan efisien bagi para wisatawan.

Potensi Wisata yang Belum Tergali

Baca Juga : Satu Tahun Beroperasi, KA Pandalungan Layani Lebih 100 Ribu Masyarakat ke Jakarta

Selain Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang masih memiliki banyak potensi wisata alam lainnya yang belum tergali secara maksimal. Dengan pengembangan yang tepat, Lumajang bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Pemerintah daerah diharapkan dapat terus meningkatkan infrastruktur dan promosi wisata, sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Lumajang.

Ranu Klakah, dengan segala pesonanya, merupakan salah satu bukti kekayaan alam Indonesia yang patut kita banggakan. Keindahan alam, udara sejuk, serta berbagai aktivitas menarik membuat tempat ini layak menjadi destinasi liburan keluarga. Jadi, jika Anda mencari tempat untuk berlibur yang menawarkan ketenangan dan keindahan alam, Ranu Klakah adalah jawabannya.

Mari kita jaga dan lestarikan keindahan alam Ranu Klakah, agar generasi mendatang juga dapat menikmati pesona yang sama seperti yang kita nikmati hari ini. Semoga dengan pengembangan yang berkelanjutan, Ranu Klakah dan potensi wisata lainnya di Kabupaten Lumajang semakin dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru.

Berikut beberapa tips berwisata ke Ranu Klakah yang dapat membantu memaksimalkan pengalaman liburan Anda:

1. Persiapkan Pakaian yang Tepat

Karena Ranu Klakah terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian yang cukup, pastikan untuk membawa pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Siapkan jaket atau pakaian hangat untuk melindungi diri dari udara yang lebih sejuk, terutama jika Anda berencana berkunjung pada pagi atau sore hari.

2. Bawa Perlengkapan Mandi

Meskipun Ranu Klakah dilengkapi dengan fasilitas toilet, disarankan untuk membawa perlengkapan mandi sendiri, terutama jika Anda berencana untuk berenang atau bermain air di danau. Ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan diri setelah menikmati aktivitas di sekitar danau.

3. Air Minum dan Camilan

Pastikan untuk membawa cukup air minum dan camilan ringan selama perjalanan dan di sekitar Ranu Klakah. Meskipun terdapat warung dan penjual makanan di sekitar danau, tetapi memiliki persediaan sendiri akan membantu mengatasi kehausan dan kelaparan selama beraktivitas.

4. Perhatikan Jam Buka dan Waktu Terbaik

 Ranu Klakah memiliki jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Sebaiknya datanglah pada pagi atau sore hari untuk menikmati pemandangan yang indah dan udara yang segar. Jika Anda ingin menyaksikan matahari terbit yang spektakuler, datanglah lebih awal di pagi hari.

5. Patuhi Aturan dan Etika Lokal

Saat berkunjung ke Ranu Klakah, penting untuk mematuhi aturan dan etika lokal. Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hormati juga penduduk lokal dan adat istiadat yang berlaku di sekitar Ranu Klakah.

6.    Explore Aktivitas Seru

Manfaatkan waktu Anda untuk menjelajahi berbagai aktivitas yang ditawarkan di Ranu Klakah, seperti berperahu, bermain di taman bermain, atau melihat masyarakat memancing. Nikmati setiap momen dan rasakan keindahan alam yang menakjubkan di sekitar danau.

7.    Perhatikan Kesehatan dan Keselamatan

Pastikan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama berada di Ranu Klakah. Jaga jarak aman saat bermain di sekitar danau, terutama jika Anda tidak pandai berenang. Selalu awasi anak-anak, terutama di sekitar air.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan berkesan di Ranu Klakah tanpa masalah. Selamat berwisata!


Topik

Wisata Ranu Klakah destinasi wisata Lumajang wisata alam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy