Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

2 Mei, Malang Raya dan Probolinggo Diprakirakan Masih Alami Hujan Lokal 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - May - 2024, 06:13

Ilustrasi hujan lokal yang masih berpotensi terjadi di beberap wilayah Jatim. (Foro: iStock)
Ilustrasi hujan lokal yang masih berpotensi terjadi di beberap wilayah Jatim. (Foro: iStock)

JATIMTIMES - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca hari ini, Kamis (2/4) di wilayah Jawa Timur (Jatim) didominasi cerah berawan. 

Meski begitu masih ada potensi hujan lokal di beberapa wilayah. Oleh karenanya bagi kamu yang hendak berkegiatan atau bekerja di luar ruangan, pastikan untuk membawa jas hujan atau payung. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

"Hujan sedang-lebat disertai petir diprakirakan masih berpotensi terjadi di wilayah Malang, Batu dan Probolinggo dalam skala lokal," tulis laporan BMKG Juanda melalui akun Instagram resminya.

"Meski beberapa wilayah masih berpotensi hujan lokal, tapi malamnya full cerah," imbuh tulisannya. 

Untuk wilayah di Jatim yang diprakirakan mengalami hujan sedang-lebat hingga berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi pada Kamis (2/4) adalah sebagai berikut. 

Batu hujan lebat disertai petir sekira pukul 13.00

Malang hujan ringan sekira pukul 13.00

Lumajang hujan ringan sekira pukul 13.00

Bondowoso hujan ringan sekira pukul 16.00

Jember hujan ringan sekira pukul 13.00

 

"Prakiraan (hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang hingga menyebabkan bencana hidrometeorologi) berlaku mulai pukul 07.00 WIB, 2 Mei hingga pukul 07.00 WIB, 3 Mei 2024," bunyi laporan dari BMKG Juanda. 

Oleh karenanya, BMKG Juanda meminta agar masyarakat memastikan saluran pembuangan air di lingkungan rumah tidak mampet, biar tidak menimbulkan genangan hingga banjir. 

Baca Juga : Amalan dan Keutamaan Bulan Zulkaidah, Raih Sebelum Idul Adha Tiba!

Berdasarkan laporan BMKG, dampak yang bisa terjadi akibat dari hujan sedang hingga lebat yang mengguyur kawasan di Jawa Timur ada beragam. Seperti jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah. 

"Volume aliran sungai meningkat atau banijir hingga aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah," tulis akun Instagram resmi @infobmkgjuanda. 

Dalam matriks risiko yang dipaparkan BMKG Juanda, tingkat kemungkinan terjadinya hujan berada di rendah. Sementara prediksi adanya dampak hujan berada di katagori waspada (kuning) dan berada di level sedang. 

BMKG Juanda juga meminta agar masyarakat berhati-hati jika sedang beraktivitas di luar rumah. Selain itu, diharapkan terus memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial terkait informasi hujan lebat. 

"Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan," imbau BMKG Juanda. 

Demikian beberapa wilayah di Jawa Timur yang pada Kamis, 2 Mei 2024 diprakirakan BMKG Juanda mengalami hujan lebat, petir, angin kencang sesaat hingga bencana hidrometeorologi. Meski didominasi cerah berawan, namun wilayah yang berpotensi hujan lokal tetap waspada ya guys! 


Topik

Peristiwa Prakiraan Cuaca hujan bmkg juanda


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni