Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Menangkal Sihir, Santet dan Pelet: Amalkan Doa-doa Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - May - 2024, 09:27

Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Tak dipungkiri ada saja umat yang memakai sihir, santet atau pelet agar keinginannya tercapai. Ilmu-ilmu ini juga kerap dikaitkan dengan keterlibatan jin atau setan. 

Meski begitu, umat Islam haruslah tetap menguatkan iman dan tak takut dalam menghadapi hal-hal tersebut.

Baca Juga : 3 Contoh Teks Pidato, Cocok untuk Sambutan Maupun Acara Perlombaan 

Sebagai umat Islam, memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi dan menimpa manusia dalam hal apapun merupakan kehendak Allah SWT. Sehingga, Allah SWT merupakan dzat untuk mencari perlindungan, pertolongan maupun memohon kesembuhan.

Allah SWT melalui firman-Nya yang banyak terdapat dalam Al-Qur'an, telah mengajarkan doa dan amalan untuk bagaimana menangkal gangguan sihir dan tipu daya setan yang menyesatkan. 

Dalam buku Anda Bertanya Islam Menjawab, oleh Muhammad Mutawalli Sha'rawi, cara pertama untuk membentengi diri dari gangguan sihir adalah beribadah kepada Allah SWT. Tentu ibadah yang dilakukan semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

Kemudian membaca Al-Qur'an menjadi satu hal yang juga membentengi seseorang dari gangguan sihir.

Hadits riwayat Ahmad diriwayatkan Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah Al Quran! Karena sesungguhnya ia di hari kiamat akan memberi pertolongan bagi para pemiliknya. Bacalah dua surat yang bersinar yakni surat Al-Baqarah dan Ali Imran. Sebab, keduanya di hari Kiamat akan didatangkan sebagai bentuk dua mendung atau dua awan. 

Atau dua surat tadi kelak dijelmakan menjadi dua kelompok burung yang membentangkan sayap-sayapnya dan membela pemiliknya. Maka bacalah surat Al Baqarah, karena membacanya adalah keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya".

Beberapa doa dapat diamalkan guna memohon perlindungan diri dari sihir atau santet. Pertama adalah Surat Al-Fatihah. Kedua, tiga surat terakhir dari Al-Qur’an (Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Nas dan ketiga adalah ayat Ayat Kursi (Al-Baqarah: 255).

Baca Juga : 1 Mei, Sebagian Besar Wilayah Jatim Diprakirakan Cerah Berawan, Selamat Datang Kemarau!

Agar dijauhkan dari sihir, doa-doa pendek ini juga dapat diamalkan baik pagi maupun sore hari sebanyak tiga kali. "Bismillahilladzi la yadurru ma'a ismihi shay'un fil-ardi wa la fis-sama'i wa huwas-sami'ul-'alim", artinya, "Dengan nama Allah; yang bersama nama-Nya tidak celaka sesuatupun yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". 

Doa berikutnya, "Hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alayhi tawakkaltu wahuwa rabbul-'arshil-'azhim". Artinya, "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung".

Doa selanjutnya, "Allaahumma inni a'udzu bika min hamazatish-shayatin wa a'udzu bika rabbi an yahdurun". Artinya, "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan setan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala gangguan setan yang mendatangiku".

Kemudian, doa yang dapat diamalkan lagi adalah, "A'udzu bi 'izzatillahi wa qudratihi mimma ajidu wa uhadhiru". Artinya, "Aku berlindung dengan kekuatan Allah dan kehendak-Nya dari sakit dan nyeri yang aku alami". 


Topik

Agama Pelet sihir santet doa menghindarkan santet


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni