Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Amalkan 3 Doa Taubat Ini Agar Terhindar dari Siksa dan Panasnya Api Neraka

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Apr - 2024, 10:50

Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Manusia tak luput dari dosa. Baik dosa besar maupun kecil, sudah pasti manusia pernah melakukan dosa. Api neraka dan siksa kubur tentu menjadi konsekuensi atas dosa yang diperbuat. Untuk itu, sudah sepatutnya untuk selalu bertobat selagi masih diberi kesempatan. 

Allah SWT menjanjikan bagi umatnya yang bersungguh-sungguh memohon ampunan akan menerima taubat mereka. Hal ini sudah ditegaskan dalam firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Al Maidah ayat 30.

Baca Juga : Tampil Gaya Klasik, Ini Rekomendasi dan Harga Vespa Matic Bekas

"Maka barangsiapa bertobat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

Terdapat 3 doa yang dapat diamalkan umat muslim untuk memohon ampunan agar dijauhkan dari api neraka dan siksa kubur oleh Allah SWT.

Doa taubat yang pertama adalah dalam latin  berbunyi , "Allahumma ajirni minannar". Doa ini memiliki arti, "Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka" 

Doa ini diajarkan Rasulullah SAW. Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda, “Apabila selesai salat subuh, sebelum berbicara dengan orang lain, bacalah doa: Allahumma ajirni minannar (Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali. Sesungguhnya, jika kamu meninggal pada harimu itu niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka.”

Dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, doa kedua yang dapat diamalkan adalah, "Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabin naari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjal". 

Doa ini memiliki arti, "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Baca Juga : Suami Lebih Sering Memberi kepada Keluarga Dibandingkan Istrinya, Bolehkah? 

Kemudian, doa ketiga yang dapat diamalkan berbunyi, "Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar".

Doa ini memiliki arti, "Ya Allah, berilah kami kebaikan dalam kehidupan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksaan api neraka".

Doa ini dari hadist Bukhari dan Muslim, dari riwayat Abu Hurairah. "Jika kalian telah selesai membaca tasyahud akhir, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari empat perkara, dari siksa neraka Jahannam, dari azab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari bencana Dajjal."


Topik

Agama Taubat api neraka neraka


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni