Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Kota Batu Selama Lebaran, Rata-rata Habiskan Rp 2,5 Juta

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

18 - Apr - 2024, 20:21

Salah satu destinasi wisata di Kampung Sakura, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)
Salah satu destinasi wisata di Kampung Sakura, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Selama 7 hari libur Lebaran 2024 angka kunjungan wisatawan mencapai 118.694 orang atau rata-rata 16.952 orang per hari di Kota Batu. Rerata mereka berkunjung selama 2 hari dengan pengeluaran mencapai Rp 2,5 juta.

Data itu didapati dari Tim Monitoring dan Evaluasi Dinas Pariwisata Kota Batu melakukan pendataan rerata pengeluaran wisatawan ke Kota Batu. Survey dilakukan kepada 1.515 responden, hasilnya rata-rata jumlah berkunjung selama 2 hari.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, dari hasil survey total rerata pengeluaran sebesar Rp 2.436.877. Dengan pengeluaran terbesar wisatawan selama 2 hari berlibur di Kota Batu pada sektor transportasi menuju Kota Batu.

“Sektor tranportasi sebesar Rp 855.499 dan pengeluaran terkecil pada keperluan toilet sebesar Rp 9.454,” ungkap Arief, Kamis (18/4/2024).

Kemudian tiket destinasi tempat wisata Rp 264 ribu, untuk makan dan minum Rp 355 ribu. Lalu untuk oleh-oleh menghabiskan Rp 446 ribu.

Sedangkan wisatawan yang berkunjung satu hari rata-rata mengeluarkan uang sebanyak Rp 850 ribu. Dengan rerata pengeluaran terbesar pada sektor akomodasi sebesar Rp 281.972.

Baca Juga : Bupati Malang Tunjuk Kepala Puskesmas Singosari sebagai Plt. Kadinkes, Gantikan Wiyanto Wijoyo yang Dicopot

Untuk tiket masuk DTW sebesar Rp 120 ribu. Biaya makan dan minum Rp 161 ribu serta oleh-oleh Rp 202 ribu. Dan rerata pengeluaran terkecil pada keperluan toilet sebesar Rp 4.297.

“Data yang sudah terhimpun akan menjadi acuan untuk mendukung promosi pariwisata Kota Batu,” tutup Arief.


Topik

Ekonomi Batu wisatawan lebaran


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri