Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Cegah Kejahatan Jelang Lebaran, Polres Situbondo Lakukan Patroli ke Toko-Toko Emas

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Apr - 2024, 11:22

Kasat Samampta Polres Situbondo bersama anggota saat melakukan patroli di sejumlah toko emas di Kabupaten Situbondo, Selasa (9/4/2024). (Wisnu Bangun Saputro/JATIMTIMES)
Kasat Samampta Polres Situbondo bersama anggota saat melakukan patroli di sejumlah toko emas di Kabupaten Situbondo, Selasa (9/4/2024). (Wisnu Bangun Saputro/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas dan aksi kriminalitas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dan saat mudik lebaran, Polres Situbondo Polda Jatim mengambil langkah proaktif. Salah satunya dengan mengintensifkan patroli di kawasan toko emas, Selasa (9/4/2024).

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, melalui Kasat Samapta AKP Sudpendi, menyampaikan kegiatan patroli itu dilakukan karena saat jelang lebaran biasanya mobilitas masyarakat meningkat. Hal tersebut berpotensi menimbulkan kerawanan, serta dimanfaatkan pelaku tindak kriminal untuk beraksi.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Sasaran patroli ini adalah pertokoan emas dan tempat-tempat lainnya yang menjadi pusat kegiatan masyarakat. Pengawasan secara maksimal dilakukan untuk menjamin kondusifitas dan keamanan di wilayah Kabupaten Situbondo.

"Menjelang lebaran ini, kepolisian meningkatkan patroli dengan sasaran pertokoan salah satunya toko emas. Untuk antisipasi aksi kriminalitas," terang Kasat Samapta AKP Sudpendi.

Selain itu, AKP Sudpendi juga mengimbau dan mengingatkan para pemilik toko emas untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan kamera pengawas CCTV untuk pengamanan.

"Selain meningkatkan patroli pengamanan, kita juga imbau para pemilik toko emas untuk meningkatkan kewaspadaan dan memasang CCTV untuk pengamanan," tutupnya.

Baca Juga : Pantang Takut Bermain Dimanapun, IWbA Kota Malang Siapkan Atlet untuk Porprov IX Jatim

Salah satu pemilik toko emas, Cak Kotel mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Samapta polres Situbondo tersebut. Menurutnya, hal semacam itu perlu dilakukan menjelang lebaran karena intensitas kejahatan seperti pencurian dan hipnotis biasa menyasar tokoh emas maupun pemudik.

"Perlu diapresiasi langkah pencegahan yang dilakukan polres Situbondo ini, karena memang penjahat sering melancarkan aksinya di toko emas atau di lokasi mudik. Kalau tidak pencurian ya hipnotis, harapannya penjagaan juga dilakukan," pungkasnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Situbondo pengamanan toko emas lebaran


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Nurlayla Ratri