Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

5 Ragam Kuliner Asli Malang Bikin Nostalgia Pemudik, Orem-Orem hingga Tempe Kacang

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

11 - Apr - 2024, 21:52

Bakso Bakar Pak Man adalah salah satu bakso terenak di Malang. (Foto: putrinyanormal.com)
Bakso Bakar Pak Man adalah salah satu bakso terenak di Malang. (Foto: putrinyanormal.com)

JATIMTIMES - Lebaran menjadi momen yang sangat tepat untuk mudik bagi banyak orang. Mudik sendiri adalah tradisi tahunan di Indonesia di mana orang-orang kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat. 

Bukan hanya untuk saling berkumpul, bertukar cerita, berbagi kebahagiaan, dan mempererat hubungan keluarga, momen mudik juga kerap dimanfaatkan untuk menikmati kuliner khas kota yang dikunjungi. Apalagi setiap tempat atau kota selalu memiliki beragam kuliner khas yang menjadi kebanggaan. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Jika kamu berencana mudik ke Kota Malang, pastikan untuk mendatangi beragam kuliner asli Malang, yang rasanya hanya ada di Malang. 

Diketahui, Malang dikenal sebagai salah satu kota kuliner terkemuka di Indonesia. Kota ini menawarkan beragam hidangan lezat yang menggugah selera, mulai dari makanan tradisional hingga kuliner modern. Beberapa hidangan khas Malang yang terkenal Malang banget melansir Instagram @ngilermakan adalah sebagai berikut. 

1. Bakso Malang 

B

Bakso adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Ini adalah semacam bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi giling atau daging ayam yang dicampur dengan tepung tapioka atau tepung kanji, serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, merica, dan penyedap rasa lainnya. Bakso biasanya direbus dalam air panas hingga matang, kemudian disajikan dengan berbagai jenis tambahan seperti mie, tahu, pangsit, sayuran, dan kuah yang gurih.

Di Malang, kamu bisa menemukan banyak tempat yang menyajikan bakso dengan citarasa yang lezat. Namun, ada beberapa tempat yang terkenal dengan bakso terenak di Malang. Seperti Bakso President, Bakso Bakar Pak Man, Bakso Solo Kidul Pasar, Bakso Gun Malang hingga Bakso Kota Cak Man.  

2. Orem-Orem 

Or

Makanan ini terbuat dari potongan tempe atau tahu yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, daun kemangi, dan daun jeruk. Semua bahan ini kemudian dimasak dengan sedikit minyak hingga matang.

Orem-orem biasanya disajikan sebagai lauk pauk yang lezat dan gurih. Rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi hidangan favorit di berbagai acara makanan Jawa Timur. Orem-orem sering disantap dengan nasi hangat dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk sarapan atau makan siang.

Salah satu sajian orem-orem yang terkenal di Malang adalah orem-orem Arema, di Jalan Blitar No 14A; orem-orem H. Abdul Manan di Jalan Irian Jaya No1; dan orem-orem Pak Mahmudi. 

3. Cwie Mie 

Cwie Mie

Cwie mie merupakan hidangan olahan mi yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Sekilas, sajian ini mirip dengan mi ayam dan mi pangsit.

Namun, keduanya memiliki perbedaan dengan cwie mie. Cwie mie Malang umumnya disajikan dengan taburan ayam yang dicincang halus dengan dilengkapi daun selada dan sawi.

Rasa bumbu mi dan kuahnya juga cenderung gurih karena disajikan tanpa kecap manis. Rasa gurih tersebut berasal dari kaldu rebusan ayam, bawang putih cincang, seledri, dan daun bawang.

Baca Juga : 10 Tips Mudik Balik Aman dan Nyaman Naik Kapal LautĀ 

Jika kamu ingin menikmati Cwie Mie khas Malang, bisa datang ke Hot Cwie Mie, Depot Pangsit Mie Bromo Pojok, Mie Kudusan, Pasit Mie Pak Ri, Cwie Mie Kedai Sutoyo, Pangsit Mie Tan, dan Cwie Mie Malang Gang Djangkrik (non halal). 

4. Olahan apel 

Keripij

Malang yang dikenal sebagai Kota Apel, tentu saja tak lengkap rasanya jika tak mencoba beragam kuliner berbahan dasar apel. Seperti sari buah apel, keripik apel, jenang apel, pie apple dan apple cake. 

Jika kamu hendak membeli beragam olahan apel untuk menjadi oleh-oleh atau untuk dinikmati sendiri, bisa datang saja ke Toko Oleh-Oleh Lancar Jaya. Di toko tersebut menyediakan beragam makanan khas Malang yang bisa untuk oleh-oleh. 

5. Tempe Kacang 

T

Selain terkenal sebagai Kota Apel, Malang juga dikenal sebagai kota penghasil tempe. Salah satu produk turunan dari tempe Malang ini adalah keripik tempe. Di Malang, keripik tempe ini cukup mudah ditemukan. Para wisatawan yang berkunjung ke kota ini bisa mendapatkannya di setiap pusat oleh-oleh khas Malang. Salah satunya di Toko Oleh-Oleh Lancar Jaya. 

Tak hanya itu, Malang juga dikenal dengan tempe kacangnya. Jadi tak hanya tempe kedelai, tempe kacang ini berbahan dasar bungkil kacang tanah dan kerap disebut juga dengan tempe bungkring yang cuma ada di Malang.

Berbeda dengan tempe kedelai dan menjes, tempe kacang memiliki tekstur kasar dan warna yang agak gelap. Cara makannya bisa langsung digoreng atau diberi tepung. Dicocol dengan petis dan cabe, tempe kacang jadi makin nampol rasanya. Kalau lagi di Malang wajib banget hunting tempe kacang.

Demikian 5 kuliner asli Malang yang wajib dicoba jika sedang mudik. Selamat berlibur lebaran!


Topik

Kuliner kuliner malang tempe kacang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri