Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

6 April, Potensi Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Jatim Meningkat 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

06 - Apr - 2024, 07:33

Ilustrasi hujan yang diprediksi meningkat di Bakorwil II-V, wilayah Jatim pada Sabtu (6/4). (Foto: iStock)
Ilustrasi hujan yang diprediksi meningkat di Bakorwil II-V, wilayah Jatim pada Sabtu (6/4). (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Bagi kamu yang berencana mudik pada hari ini, Sabtu (6/4), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan lebat masih berpotensi meningkat di sebagian wilayah Jawa Timur.

"Potensi hujan lebat meningkat dalam 3 hari kedepan di wilayah Bakorwil II-V. Waspada terutama yang sedang berkendara dalam perjalanan mudik. Pastikan update info cuaca terlebih dahulu," tulis laporan BMKG Juanda melalui akun Instagram resminya. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Berikut ini pembagian wilayah Bakorwil I sampai V di BMKG Juanda:

BAKORWIL I MADIUN : Kab. dan Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Kab. dan Kota Kediri.

BAKORWIL II BOJONEGORO : Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Jombang, Nganjuk, Kab. dan Kota Mojokerto.

BAKORWIL III MALANG: Kab. dan Kota Malang, Batu, Surabaya, Sidoarjo, Kab. dan Kota Pasuruan, Kab. dan Kota Blitar.

BAKORWIL IV PAMEKASAN: Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

BAKORWIL V JEMBER: Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Kab. dan Kota Probolinggo.

Dapat disimpulkan Bakorwil II dan V, yakni meliputi wilayah Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Jombang, Nganjuk, Kab Mojokerto, Kota Mojokerto, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Kab. dan Kota Probolinggo berpotensi mengalami peningkatan hujan lebat tiga hari kedepan. 

Selain itu, BMKG juga melaporkan munculnya Bibit Siklon Tropis 96S yang terpantau terjadi di Samudra Hindia selatan Pulau Sumba dengan kecepatan angin maksimum 15-20 knots dan tekanan udara minimum 1006 hPa. 

"96S memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Jatim berupa angin kencang," demikian keterangan BMKG Juanda. 

Sementara itu untuk sebagian wilayah di Jatim yang diprakiraan mengalami hujan sedang-lebat hingga berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi pada Sabtu (6/4) adalah sebagai berikut. 

● BANYUWANGI : Wongsorejo 

● BONDOWOSO : Wringin, Pakem, Binakal, Cermee, Sumberwringin, Sempol, Botolinggo, Sempol 

● JEMBER : Jenggawah, Tempurejo, Mumbulsari, Sumberbaru, Tanggul, Semboro, Ambulu, Tempurejo 

● MADIUN : Madiun, Balerejo, Sawahan, Wonoasri 

● MALANG : Donomulyo, Pagak, Kalipare 

● NGAWI : Kwadungan, Pangkur 

● PASURUAN : Sukorejo, Pandaan, Beji, Bangil, Rembang, Kraton 

● PROBOLINGGO : Tongas, Lumbang 

● SITUBONDO : Arjasa, Arjasa, Asembagus 

"Prakiraan (hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang hingga menyebabkan bencana hidrometeorologi) berlaku mulai pukul 07.00 WIB, 6 April hingga pukul 07.00 WIB, 7 April 2024," bunyi laporan dari BMKG Juanda. 

Oleh karenanya, BMKG Juanda meminta agar masyarakat memastikan saluran pembuangan air di lingkungan rumah tidak mampet, biar tidak menimbulkan genangan hingga banjir. 

Baca Juga : 8 Negara Tujuan Ekspor Kerupuk dan Keripik Indonesia, Korsel Jadi Nomor 1

Berdasarkan laporan BMKG, dampak yang bisa terjadi akibat dari hujan lebat yang mengguyur kawasan di Jawa Timur ada beragam. Seperti jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah. 

"Volume aliran sungai meningkat atau banijir hingga aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah," tulis akun Instagram resmi @infobmkgjuanda. 

Dalam matriks risiko yang dipaparkan BMKG Juanda, tingkat kemungkinan terjadinya hujan berada di posisi rendah dan sangat rendah. Sementara prediksi adanya dampak hujan berada di katagori waspada (kuning) dan berada di level sedang. 

BMKG Juanda juga meminta agar masyarakat berhati-hati jika sedang beraktivitas di luar rumah. Selain itu, diharapkan terus memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial terkait informasi hujan lebat. 

"Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan," imbau BMKG Juanda. 

Di sisi lain, BMKG Juanda juga merinci prakiraan hujan berdasarkan waktunya, yakni siang-sore hingga malam hari pada Sabtu (6/4/2024). Berikut ini rinciannya: 

Siang-Sore

Di wilayah Nganjuk, Sidoarjo, Kab. Malang, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi 

Malam

Di wilayah Kab. Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo

Demikian beberapa wilayah di Jawa Timur yang pada Sabtu, 6 April 2024 diprakirakan BMKG Juanda mengalami hujan lebat, petir, angin kencang sesaat hingga bencana hidrometeorologi. Tetap waspada ya guys! 


Topik

Peristiwa bmkg juanda prakiraan cuaca cuaca jatim hari ini


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana