A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessiontnng53n9rn4sui09uei7qu54k6f23shu): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Pesona Gondanglegi X Libatkan 7 Ribu Peserta, Wakili Jawa Timur di Kurasi Karisma Event Nusantara - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hiburan, Seni dan Budaya

Pesona Gondanglegi X Libatkan 7 Ribu Peserta, Wakili Jawa Timur di Kurasi Karisma Event Nusantara

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

11 - Nov - 2023, 18:10

Placeholder
Para talent saat menampilkan pertunjukan karnaval dalam event Pesona Gondanglegi yang berlangsung pada Sabtu (11/11/2023). (Foto: Ashaq Lupito / Jatim Times)

JATIMTIMES - Pesona Gondanglegi ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Malang dalam kurasi Karisma Event Nusantara (KEN) tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Pesona Gondanglegi sendiri diselenggarakan pada Sabtu (11/11/2023).

Setidaknya ada 7 ribu peserta yang berpartisipasi dalam event yang telah diselenggarakan 10 kali tersebut. Para talent yang ikut berpartisipasi berasal dari berbagai daerah, baik dari Kabupaten Malang hingga Blitar.

Baca Juga : FH Unikama Gelar Law Festival 2023, Bahas Peran Generasi Muda dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Panitia Pesona Gondanglegi Heiffany Rizal, saat ditemui media online ini disela berlangsungnya event pada Sabtu (11/11/2023).

"Kemenparekraf mengadakan acara KEN yang bertujuan untuk mendorong kegiatan daerah supaya bisa muncul di nasional. Dari Kemenparekraf turun ke Provinsi Jatim kemudian ke seluruh kabupaten/kota. Nah, Kabupaten Malang menujuk Pesona Gondanglegi untuk mewakili di tingkat Provinsi," tuturnya.

Sosok yang karib disapa Fany ini menambahkan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, Pesona Gondanglegi X atau ke-10 ini berlangsung lebih meriah. Selain menampilkan para talent dari wilayah Kabupaten Malang, berbagai daerah di Jawa Timur juga turut berpartisipasi dalam Pesona Gondanglegi X.

"Secara pelaksanaan jelas tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. Tahun ini diikuti oleh peserta dari luar daerah dan dimeriakan oleh 44 tim. Kalau di total ada sekitar 7 ribu talent," jelasnya.

Sejatinya, diterangkan Fany, ada lebih dari 50 calon peserta yang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam event Pesona Gondanglegi X. Namun, pihak panitia membuat kebijakan untuk dilakukan verifikasi dan validasi. Sehingga terseleksi sebanyak 44 peserta yang dinilai layak untuk tampil dalam Pesona Gondanglegi X.

"Lompatannya (kenaikan jumlah peserta) dari tahun sebelumnya itu 22 sampai 24 (peserta). Berarti sudah hampir 100 persen (peningkatan jumlah peserta). Paling jauh kalau luar daerah itu Blitar, sedangkan dari Kabupaten Malang itu (Kecamatan) Tirtoyudo sama Bantur," terangnya.

Selain menampilkan berbagai tema karnaval, dalam event Pesona Gondanglegi X juga menyajikan berbagai hiburan dan pentas musik. Selain itu, artis nasional sekaligus istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin diagendakan turut memeriahkan Pesona Gondanglegi X.

"Kejutannya Insyaa Allah malam ini akan ada penampilan dari selebriti nasional. Tidak hanya sebagai penonton, tapi juga sebagai penampil. Dia akan runway di sepanjang 150 meter ini, di area finish. Artisnya adalah Ibu Arumi Bachsin," tuturnya.

Sekedar informasi, event Pesona Gondanglegi diagendakan berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB. Beberapa pejabat publik termasuk Bupati Malang HM. Sanusi diagendakan juga menghadiri event Pesona Gondanglegi X.

Dari pantauan media online ini, para talent silih berganti memberikan penampilan terbaik untuk memukau tujuh orang juri. Beragam tema ditampilkan, di antaranya mulai dari konsep sepeda ontel, penjajahan Jepang di Indonesia, hingga beragam ornamen turut tersaji pada event Pesona Gondanglegi X.

Baca Juga : Malang Criterium 2023, Event Multiplier Effect Bagi Perekonomian Masyarakat

"Tema kita tahun ini adalah Xplorasi-Xpresi (Eksplorasi dan Ekspresi). Para peserta dipaksa untuk melakukan riset. Misalnya tema kerajaan, maka silahkan digali sedalam-dalamnya tentang kerajaan. Kemudian silahkan diekspresikan seperti misalnya tentang mitologi dan sebagainya," ucap Fany.

Penampilan para talent tersebut kemudian dinilai oleh 7 orang juri untuk menentukan siapa yang bakal menjadi juara. Sedangkan total hadiah yang diperebutkan mencapai puluhan juta.

"Hadiahnya itu total Rp 50 juta, tapi menjadi lebih karena ada tambahan dalam bentuk barang. Jadi ada (hadiah) berupa (sepeda) motor," ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan, event Pesona Gondanglegi X masih berlangsung. Para talent silih berganti menempuh rute sepanjang kurang lebih 3,7 kilometer dengan garis finish di depan Kantor Balai Desa Gondanglegi Kulon.

Terdapat tiga titik bagi para peserta untuk menampilkan kreasinya. Yakni di panggung start, tengah rute dan titik finish. Sementara itu, untuk di titik start dan finish para talent diharuskan menampilkan pertunjukan yang berbeda dari pertunjukan pada saat di runway.

Sedangkan untuk durasinya, pada titik start adalah 6 menit. Sedangkan di titik finish durasinya adalah 15 menit yang sekaligus menjadi atraksi kolosal pada puncak karnaval.

Selain menunjukkan beragam kreasi dan penampilan, para peserta juga diperkenankan untuk memutar musik sesuai tema maupun yang sedang populer. Seperti misalnya musik Disjoki (DJ).


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Pesona Gondanglegi Malang karnaval KEN



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri