Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Keajaiban Alam di Pacitan, Mengungkap Pesona Goa Gong yang Menakjubkan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Nov - 2023, 12:02

Goa Gong, wisata alam andalan Kabupaten Pacitan.(Foto : Instagram @pacitan_paradise)
Goa Gong, wisata alam andalan Kabupaten Pacitan.(Foto : Instagram @pacitan_paradise)

JATIMTIMES- Indonesia adalah surga bagi para pecinta wisata alam yang mendambakan petualangan luar biasa. Kabupaten Pacitan di Jawa Timur adalah salah satu destinasi yang terkenal karena keindahan alamnya. Namun, di antara semua keajaiban alam yang tersembunyi, ada satu yang memikat hati para pengunjung dengan pesona yang tak terlupakan: Goa Gong.

Goa Gong, yang sudah ada sejak tahun 1924, adalah salah satu dari banyak goa indah yang tersembunyi di Pacitan. Ditemukan oleh Mbah Joyo dan Mbah Noyo, dua sesepuh Pacitan, keajaiban alam ini baru dibuka untuk umum pada tahun 1995, setelah 71 tahun menjaga rahasia keindahannya. 

Baca Juga : Review Serial Gadis Kretek: Salah Satu Series Terbaik Tahun Ini 

Nama "Goa Gong" terpilih dengan bijak, mengingat batu-batu di dalamnya dapat menciptakan suara seperti gong ketika terkena tetesan air. Keindahan alam ini mencakup stalaktit dan stalagmit yang memukau, yang telah terbentuk selama lebih dari satu setengah juta tahun, menciptakan pemandangan yang indah sepanjang kurang lebih 256 meter perjalanan menakjubkan di dalamnya.

Pengalaman di Goa Gong bukan hanya sekadar berjalan-jalan di dalam goa yang gelap, tetapi juga perjalanan ke dalam keajaiban bawah tanah yang dipenuhi dengan keindahan yang tak terlupakan. 

Inilah alasan mengapa Goa Gong adalah destinasi wajib bagi pecinta alam dan petualangan. Di bawah, kita akan menjelajahi lebih dalam ke dalam pesona Goa Gong, memberikan tips berharga, dan mengajak Anda untuk merasakan sendiri keajaiban alam ini.

Goa Gong, terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menawarkan pengalaman unik bagi siapa saja yang memutuskan untuk menjelajahinya. Jaraknya sekitar 22 kilometer dari Kota Pacitan, yang dapat dicapai dalam waktu sekitar 40 menit berkendara. Goa Gong buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Salah satu daya tarik utama Goa Gong adalah kombinasi antara keajaiban alam dan seni suara alam. Nama "Goa Gong" berasal dari kemampuan batu-batu di dalamnya untuk menghasilkan suara yang menyerupai bunyi gong ketika terkena tetesan air. Ini menciptakan suasana yang magis dan menambahkan sentuhan musikal pada pengalaman menjelajah goa.

Selama perjalanan di dalam goa, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang luar biasa dari stalaktit dan stalagmit. Stalaktit menggantung di dinding gua, sementara stalagmit naik dari lantai gua. Formasi-formasi ini telah terbentuk selama jutaan tahun dan menciptakan tampilan yang luar biasa. Dalam perjalanan sepanjang kurang lebih 256 meter ini, pengunjung akan terpesona oleh keindahan alam yang menakjubkan.

Untuk menyoroti keajaiban alam ini dengan lebih baik, Goa Gong dilengkapi dengan lampu-lampu berwarna-warni. Lampu-lampu sorot ini difungsikan untuk menerangi batu dan formasi stalaktit serta stalagmit, sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas dan menikmati keindahan alam yang mempesona. Lampu-lampu dengan berbagai warna seperti putih, merah, biru, hijau, merah muda, hingga ungu akan berganti beberapa waktu sekali, menciptakan atmosfer yang hidup dan memikat.

Sementara mengeksplorasi keindahan alam dalam goa, pengunjung juga akan menemukan beberapa sendang atau telaga kecil yang terbentuk dari mata air di dalam goa. Terdapat tujuh ruangan di dalam goa, masing-masing memiliki karakteristik uniknya sendiri, dan lima sendang yang menambah daya tarik alami Goa Gong.

Ketika Anda berada di dalam Goa Gong, Anda akan merasakan keajaiban alam sejati. Dari stalaktit yang menakjubkan hingga sentuhan gong alam, pengalaman ini akan membawa Anda lebih dekat dengan keindahan alam yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Tips Berharga untuk Menjelajahi Goa Gong

1.    Pilih Waktu yang Tepat

Untuk menghindari kerumunan pengunjung, disarankan untuk mengunjungi Goa Gong di pagi hari. Cahaya alami juga akan membuat pemandangan di dalam goa terlihat lebih indah.

2.    Kenakan Pakaian yang Sesuai

Anda akan berjalan-jalan di dalam goa, jadi pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk berjalan kaki. Sepatu yang nyaman dan tahan air sangat dianjurkan.

3.    Pertimbangkan Menggunakan Pemandu

Baca Juga : Khamr, Minuman Lezat Para Penghuni Surga yang Haram di Dunia

Meskipun opsional, menyewa pemandu lokal bisa sangat membantu. Mereka tidak hanya akan memberikan informasi tambahan tentang goa, tetapi juga memastikan keamanan Anda selama perjalanan.

4.    Bawa Senter Tambahan

Meskipun Goa Gong telah dilengkapi dengan pencahayaan, jika Anda memiliki kamera, pastikan untuk membawa senter ekstra untuk mengambil foto yang berkualitas.

5.    Jaga Kebersihan dan Kelestarian Alam

Penting untuk menjaga goa tetap bersih dan alam tetap utuh. Jangan merusak stalaktit dan stalagmit, dan pastikan untuk mengikuti peraturan yang berlaku, seperti tidak merokok dan tidak meninggalkan sampah.

6.    Dukung Ekonomi Lokal

Ketika Anda berbelanja oleh-oleh di sekitar goa, pertimbangkan untuk membeli produk-produk lokal. Ini akan membantu mendukung perekonomian komunitas setempat.

7.    Nikmati Fasilitas yang Tersedia

Goa Gong telah menyediakan fasilitas yang memadai, termasuk tangga, kipas angin, tempat parkir yang luas, toilet, warung makan, toko oleh-oleh, dan bahkan jasa pemandu. Jika Anda memerlukan transportasi ke pintu masuk Goa Gong, biayanya hanya Rp 5.000 per motor, dan biaya pemandu dapat diberikan seikhlasnya.
 

Kunjungan Anda ke Goa Gong di Pacitan akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan, di mana alam dan seni alam bersatu dalam keharmonian sempurna. Goa Gong menawarkan pengalaman luar biasa yang mengajak Anda untuk mendekati keindahan alam sejati.

Ketika Anda berjalan di dalam goa dan mendengarkan gong alam, Anda akan merasakan sentuhan magis alam semesta. Goa Gong adalah undangan untuk mengeksplorasi keindahan tersembunyi di bawah tanah, dan untuk menghubungkan diri dengan alam dalam cara yang menggetarkan hati.

Jika Anda mencari petualangan yang mendalam dan ingin merasakan pesona alam yang tak terlupakan, maka Goa Gong adalah destinasi yang sempurna. 

Segera rencanakan perjalanan Anda ke Pacitan, Jawa Timur, dan datanglah ke Goa Gong untuk merasakan keajaiban yang hanya bisa dihadirkan oleh alam. Penantian Anda akan terbayar dengan pengalaman yang luar biasa. Selamat berpetualang di Goa Gong, dan mari kita bersama-sama merayakan keindahan alam yang tak ternilai.


Topik

Wisata Pacitan Goa Gong wisata pacitan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri