Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ikhwal Kasus Penipuan, Puskesmas Dinoyo Akui Tak Ada Program Beri Hadiah Televisi

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

30 - Oct - 2023, 18:56

Momen salah satu pelaku penipuan saat kabur dari rumah korban (foto: screenshot rekaman CCTV)
Momen salah satu pelaku penipuan saat kabur dari rumah korban (foto: screenshot rekaman CCTV)

JATIMTIMES - Puskesmas Dinoyo Kota Malang menegaskan tidak pernah ada program penyaluran hadiah televisi. Hal itu ditegaskan usai mendengar kabar ada seorang lansia  bernama Jais (87), warga Jalan Kertorejo, Kota Malang yang tinggal seorang diri menjadi korban penipuan berkedok penyaluran hadiah TV oleh 2 orang yang mengaku petugas puskesmas setempat. 

“Kami di Puskesmas Dinoyo sama sekali tidak ada program penyaluran hadiah TV,” kata dr Ida Megawati, Kepala Puskesmas Dinoyo, Senin (30/10/2023).

Baca Juga : Dua Orang Pura-Pura Jadi Petugas Puskesmas, Lansia di Kota Malang Tertipu

Ida pun memastikan bahwa terduga pelaku yang melakukan penipuan itu bukan merupakan petugas dari Puskesmas Dinoyo. Sebab, ia meyakinkan tak pernah menugaskan petugasnya untuk menyalurkan hadiah. Terlebih, pihaknya juga tak pernah memiliki program layanan kesehatan berhadiah TV.

“Jadi itu (pelaku penipuan) yang jelas bukan dari Puskesmas Dinoyo. Saya bisa yakinkan 100 persen bahwa tidak ada petugas kami di sini yang melakukan hal seperti itu," tuturnya.

Karena permasalahan tersebut, Ida mengaku akan berkoordinasi dengan jajarannya. Dalam hal ini kaitannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tak mudah mempercayai kedok penipuan dari puskesmas yang berhadiah televisi.

“Saya akan informasikan juga ke teman-teman supaya kalau ada yang tanya soal ini bisa menjawab bahwa itu bukan dari Puskesmas Dinoyo,” jelas Ida.

Diberitakan sebelumnya, Ketua RW 03 Kelurahan Ketawanggede Medhi Harsono mengatakan, penipuan itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu korban atas nama Jais (87) sedang membeli bakso di sekitar kediamannya.

“Saat pak Jais pulang ke rumahnya itu dibuntuti sama perempuan dan laki-laki. Mereka tiba-tiba masuk ke rumah pak Jais dan bilang dari Puskesmas Dinoyo,” kata Medhi saat dihubungi awak media, Senin (30/10/2023).

Disitu, orang yang mengaku petugas dari Puskesmas sempat tanya ke pak Jais apakah sudah vaksin dan dijawab sudah. Padahal sepengetahuan Medhi, sebenarnya tidak pernah vaksin. 

“Nah dari situ mereka tiba-tiba mengatakan jika pak Jais mendapatkan hadiah TV,” imbuh Medhi.

Baca Juga : Perbaiki Lampu Jalan, Seorang Pria di Situbondo Meninggal Tersengat Arus Listrik

Awalnya korban enggan menerima hadiah tersebut karena dia sudah memiliki TV. Tapi dua orang yang mengaku dari Puskesmas itu terus merayu Jais hingga akhirnya korban setuju menerima hadiah dengan syarat membayar uang yang disebut untuk membayar pajak terlebih dulu.

“Awalnya diminta bayar uang pajak Rp 800 ribu. Tapi pak Jais bilang cuman punya uang Rp 500 ribu. Akhirnya uang itu diberikan kepada pelaku dan kemudian yang laki-laki meninggalkan rumah dengan alasan mau ambil TV,” ungkap Medhi.

Tak sampai disitu, dua orang itu tega mengambil uang sejumlah Rp 100 ribu dari dalam dompet Jais. Karena saat itu Jais sedang ganti baju. “Terus pelaku perempuan minta pak Jais ganti baju untuk persiapan foto. Saat pak Jais ganti baju, si perempuan ini kabur dengan mengambil dompet pak Jais yang tertinggal. Dalam dompet itu ada uang Rp 100 ribu,” sambungnya.

Akibat aksi penipuan tersebut, korban mengalami kerugian hingga Rp 600 ribu. Informasinya korban berencana untuk melaporkan kasus penipuan yang dialaminya kepada petugas kepolisian.

“Pak Jais ini tinggal sendirian di rumah. Anaknya 3 sudah punya rumah sendiri-sendiri. Kalau katanya pak Jais mau laporan tapi nunggu cucunya dulu datang untuk menemaninya,” terang Medhi.

Selain Jais, komplotan yang diduga orang yang sama itu juga sempat melancarkan aksinya di Jalan Kertosariro. Namun, tidak membuahkan hasil atau gagal. “Jadi sebelum ke Pak Jais itu sempet ke rumahnya bu Marsina di Jalan Kertosariro. Cuma tidak berhasil, karena bu Marsina curiga dan bilang akan menanyakan soal hadiah TV tersebut kepada Ketua RT setempat,” tandasnya.


Topik

Peristiwa penipuan puskesmas dinoyo malang penipuan di kota malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana