Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Kemenkumham Kenalkan Beragam Layanan di Kampus Brawijaya

Penulis : Hasna Wuri Amalia Azzahra, Nadia Rahma Aulia - Editor : A Yahya

14 - Sep - 2023, 16:10

Placeholder
Stand-stand Legal Expo Kemenkumham Jatim 2023

JATIMTIMES - Legal Expo Kemenkumham Jatim 2023 di area parkir Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Kamis (14/9/2023) menyuguhkan banyak layanan. 

Mulai dari konsultasi e-katalog Kemenkumham, bantuan hukum & yankomas HAM, balai harta peninggalan, layanan keimigrasian, administrasi hukum umum, hingga pelayanan kekayaan intelektual. 

Berikut rincian pelayanan Legal Expo Kemenkumham Jatim 2023 : 

Konsultasi E-Katalog Kemenkumham

Layanan yang diberikan berupa aplikasi belanja online yang berisi berbagai macam produk yang dibutuhkan pemerintah.Untuk produk yang bisa masuk dalam e-katalog seperti elektronik perkantoran dan peralatan pendukungnya, jasa akomodasi dan paket meeting, jasa event organizer, keperluan sehari-hari perkantoran, makanan dan minuman, makanan tambahan bagi narapidana, pakaian dinas, sandang narapidana, sarana dan prasarana UPT Permasyarakatan, serta perlengkapan kegiatan Kemenkumham. 

Bantuan Hukum dan Yankomas HAM

Baca Juga : Lewat Inovasi e-JKN Cekat, Kota Malang Dianugerahi Penghargaan APDI 2023

Divisi ini memberikan pelayanan terhadap masyarakat tentang adanya permasalahan HAM yang dikomunikasikan maupun yang tidak dikomunikasikan.

Balai Harta Peninggalan

"Balai Harta Peninggalan merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang berada dibawah divisi pelayanan hukum kantor wilayah Jawa Timur. BHP di Indonesia hanya ada 5, di Surabaya, Jakarta, Semarang, Medan, dan Makassar," ujar Kurniawati, Kamis (14/9/2023).

"Tugas pokok dan fungsinya diantaranya sebagai wali pengawas terhadap anak anak-anak yang masih belum dewasa yang tidak berada didalam kekuasaan orang tuanya, misal orang tuanya meninggal dunia atau tidak mempedulikannya. Kemudian fungsi selanjutnya sebagai pengampu pengawas yang bertugas mengampu orang dewasa yang dalam keadaannya tidak dapat menjalankan kepentingannya sendiri misalnya sakit," terangnya.

Selain itu tugas dan fungsi BHP antara lain sebagai kepailitan kurator negara, pengurusan ketidakhadiran harta seseorang, melaksanakan pembukaan wasiat, pengurusan harta kekayaan yang tak terurus, dan penatausahaan uang pihak ketiga.

Layanan Keimigrasian

Baca Juga : Dies Natalis ke-20, Unisba Blitar Ngaji dan Sholawatan Bareng Gus Iqdam

Layanan Keimigrasian melayani pembuatan pasport dan visa, bahkan bisa dibuat secara online. Kemenkumham juga memiliki aplikasi eazy intal sebagai pelayanan jemput bola bagi pelajar asing.

Administrasi Hukum Umum

Administrasi Hukum Umum memberikan pelayanan publik berupa surat keterangan terdaftar partai politik, permohonan pendaftaran perseroan perorangan, permohonan pengambilan sumpah pewarganegaraan, permohonan pendaftaran apostile & legalisasi dokumen, permohonan pelantikan & pengambilan sumpah notaris, permohonan informasi & pengaduan notaris MPNW (Majelis Pengawas Notaris Wilayah), MKNW (Majelis Kehormatan Notaris Wilayah), MPDN (Majelis Pengawas Daerah Notaris), serta Permohonan pelantikan & pengambilan sumpah PPNS. 

Pelayanan Kekayaan Intelektual 

Pelayanan Kekayaan Intelektual memberikan pelayanan publik berupa permohonan merek, permohonan paten, permohonan desain industri, permohonan hak cipta, permohonan indikasi geografis, permohonan DTLST, dan permohonan rahasia dagang. 

Selain stand-stand divisi dan layanan yang ditawarkan oleh Kemenkumham, juga tersedia stand-stand umkm binaan Universitas Brawijaya dan galeri hasil karya warga binaan pemasyarakatan.


Topik

Pendidikan Kemenkumham Brawijaya kampus Brawijaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hasna Wuri Amalia Azzahra, Nadia Rahma Aulia

Editor

A Yahya