Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Mengapa Binatang Tidak Bisa Berbicara? Ini Alasan Allah Mencabut Kemampuan Lisan Mereka

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Sep - 2023, 05:49

Ilustrasi Nabi Adam dan kerbau dari surga. (Foto screenshot)
Ilustrasi Nabi Adam dan kerbau dari surga. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Tahukah kamu jika dahulunya, binatang memiliki kemampuan untuk berbicara selayaknya manusia.

Namun setelah diturunkan ke bumi, kemampuan itu tidak melekat lama. Atas aduan Nabi Adam AS pada Allah, kemampuan berbicara hewan itu pun kembali diangkat oleh Allah SWT.

Baca Juga : Akhir September, Warga Kota Malang Siap-Siap Kena Tilang Elektronik Jika Ugal-ugalan

Lantas, apa penyebab Allah SWT mencabut lisan para hewan dan membuat mereka tidak bisa berbicara?

Dilansir dari akun Tiktok @Jejak Padang Pasir, setelah turun dari surga dan tinggal di bumi, Nabi Adam mengadu pada Allah karena lapar. Sebab, dia telah tinggal selama 40 tahun belum pernah makan dan minum.

Maka malaikat Jibril datang dengan membawa dua kerbau dari surga. Yang satu berwarna hitam, satunya lagi berwarna merah.

Jibril mengajarkan kepadanya bagaimana cara mengolah tanah. Setelah diajari, mulailah Adam membajak. Kemudian Jibril membawakan segenggam benih gandum dan mengajarkan bagaimana cara menanamnya.

Setelah tahu, mulailah Adam menanamnya. Ketika Adam sedang sibuk membajak tanah, tiba-tiba salah satu dari dua kerbau itu diam.

Adam memukulnya dengan pecut yang ada di genggaman tangannya. Lalu,  Allah menjadikan kerbau itu bisa berbicara sehingga ia berbicara kepada Adam, “Mengapa engkau memukulku?”

Adam menjawab, “Karena engkau membangkang kepadaku.”

Baca Juga : Bantuan Tak Kunjung Datang, Warga Maroko Merasa Dikhianati Pemerintah

Dengan tenang, kerbau itu berkata kepada Adam, “Betapa lembutnya Allah kepadamu karena Dia tidak memukulmu ketika engkau membangkang kepada-Nya.” (ketika Adam memakan buah khuldi).

Akibat omongan kerbau ini, Adam menangis seraya berkata, “Wahai Tuhanku, semua benda mengejekku hingga binatang-binatang sekalipun.”

Atas kejadian ini, Allah menyuruh Jibril untuk mengusap lisan binatang agar tidak bisa berbicara.

Nah itulah asal muasal mengapa hewan tidak bisa berbicara. Saat ini beberapa hewan memang masih ada yang bisa berbicara. Namun, mereka hanya bisa menyampaikan kata-kata yang sudah dilatih oleh pemiliknya dan bukan merespon dengan akurat selayaknya manusia.


Topik

Serba Serbi Kisah Nabi mengapa hewan tidak bicara


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri