A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessionpo7hcs8v7purtjoaiqpg4gnc1t9nq3bq): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Dampak Kebakaran Karhutla, Wisata Gunung Bromo via Malang dan Lumajang Ditutup - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Dampak Kebakaran Karhutla, Wisata Gunung Bromo via Malang dan Lumajang Ditutup

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

02 - Sep - 2023, 07:08

Placeholder
Proses pemadaman karhutla di kawasan TNBTS. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kabupaten Lumajang semakin meluas. Oleh karenanya, pihak BB TNBTS menutup sebagian kawasan wisata Gunung Bromo mulai Jumat (1/9/2023) pukul 20.00 WIB. 

Melansir keterangan resmi dari BBTNBTS, kebakaran karhutla kini meluas ke Savana Kaldera Tengger. Untuk kelancaran upaya pemadaman serta memperhatikan keamanan pengunjung, maka kunjungan Wisata Bromo melalui pintu masuk Jemplang, Coban Trisula, dan Senduro ditutup untuk pengunjung. 

Baca Juga : Padi Konyolan di Kecamatan Pakel Terancam Konyol Tanpa Bantuan Pompa Air

"Pengunjung dapat masuk ke dalam Kawasan Wisata Bromo melalui pintu Cemoro Lawang dan Wonokitri. Dengan batasan yang boleh dikunjungi adalah mulai dari Lautan Pasir ke arah Gunung Batok, Bungkah Dingklik sampai dengan View Point Pananjakan," tulis keterangan dari BBTNBTS. 

"Sedangkan dari arah Watu Singo hingga Jemplang serta Puncak B29 yang berasal dari Argosari, Lumajang ditutup untuk kunjungan wisata," tambah keterangannya. 

Penutupan tersebut dimulai sejak Jumat (1/9/2023) malam dan sampai batas yang belum bisa ditentukan. Pihak BBTNBTS juga mengimbau kepada masyarakat, pengunjung dan pelaku jasa wisata untuk menjaga kawasan TNBTS. Khususnya dari penggunaan api. 

"Menghimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata agar menjaga Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari kebakaran hutan dengan memperhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama," imbauan pihak TNBTS. 

Selain itu, pihak BBTNBTS meminta agar wisatawan tidak masuk ke kawasan Bromo melalui Malang dan Lumajang. Dan sebaiknya masuk ke kawasan Bromo via Pasuruan dan Probolinggo. 

"Untuk yang sudah terlanjur booking online lewat pintu masuk Malang, kami sarankan untuk pindah jalur lewat pintu masuk Pasuruan / Probolinggo," imbau BBTNBTS. 

Meski begitu, pihak BBTNBTS menjelaskan jika jalur antar kota masih bisa dilalui. Jadi bagi Anda yang hendak ke Lumajang lewat Tumpang masih bisa dilalui. "Yang tidak bisa turun ke Bromo melalui Jemplang. Akses jalur antar kota masih dapat dilalui," pungkas BBTNTS. 

Sebelumnya diberitakan, laporan akun resmi @bbtnbromotenggersemeru titik api pertama dilaporkan pada Selasa (29/8/2023) sekitar pukul 23.30 WIB di Bantengan (sekitar perbatasan resort PTN Wilayah Coban Trisula dan resort PTN Wilayah Ranupani). Hingga Jumat (1/9/2023), memasuki hari ketiga kebakaran belum bisa dipadamkan. Kini api kebakaran meluas ke blok jantur Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Lumajang.

Baca Juga : Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Merambah ke Kota Batu, Status Naik Tanggap Darurat

Hingga memasuki hari ketiga kebakaran ini, dilaporkan sudah ada puluhan hektare hutam di TNBTS yang terbakar. Area hutan yang terbakar sendiri, meliputi alang-alang, semak belukar dan pohon cemara. Dan terkini kebakaran meluas ke Savana Kaldera Tengger hingga beberapa akses wisata ditutup. 

Menurut Pers Release Balai Besar TNBTS penyebab dan luasan dampak hingga saat ini masih dalam proses identifikasi. Balai Besar TNBTS juga mengimbau kepada masyarakat maupun wisatawan untuk tidak membuat api di sekitar TNBTS mengingat saat ini kondisi cuaca sangat kering dampak musim kemarau panjang dan sebagian Savana mengering akibat frost (embun Upas). 

Petugas gabungan mengaku kesulitan memadamkan kebakaran hutan ini lantaran jauh dari sumber air. Selain itu, angin yang kencang serta banyaknya tumbuhan yang mudah terbakar akibat musim kemarau juga menjadi penyebab sulitnya proses pemadaman kebakaran hutan. 

Diketahui, tim advance yang bergerak untuk menangani kebakaran yang terjadi lokasi TN BTS, terdiri dari petugas resort PTN Wilayah Coban Trisula, resort PTN Wilayah Tengger Laut Pasir, resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan dan resort PTN Wilayah Ranupani BB TN BTS dibantu oleh Masyarakat Peduli Api (MPA).

Tim advance ini bergerak sejak Selasa (29/8/2023) hingga saat ini untuk mengisolir sumber api. Yakni dengan cara membuat ilaran dan melakukan pemadaman dengan menggunakan gepyok, Jetshooter dan mobil tangki serta pompa pemadam kebakaran. 


Topik

Wisata kebakaran karhutla wisata bromo ditutup wisata bromo tnbts



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana