Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Kisah Umar Bin Khattab yang Membentak Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

31 - May - 2023, 13:49

Ilustrasi Umar bin Khattab. (Foto dari @Ferry Rinaldi)i
Ilustrasi Umar bin Khattab. (Foto dari @Ferry Rinaldi)i

JATIMTIMES - Umar Bin Khattab adalah khalifah kedua Kekhalifahan Rasyidin yang berkuasa pada tahun 634 M sampai 644 M. Dalam Islam Sunni, Umar digolongkan sebagai salah satu Khulafaur Rasyidin. Ia juga merupakan salah satu sahabat dari Nabi Islam Muhammad dan juga merupakan ayah dari Hafshah, istri Muhammad

Pada masa itu, Umar merupakan sosok yang terkenal dan paling disegani. Selain karena ia sahabat nabi, ia juga terkenal karena sosoknya yang sangat pemberani dan tak pernah mengenal kata takut semasa hidupnya. Bahkan, para iblis pun takut saat berhadapan dengan Umar Bin Khattab.

Baca Juga : Pangeran Musyarrif Arosbaya, Ulama Madura Pertama yang Gugur di Ujung Bedil Kompeni

Dilansir dari Tiktok @Ferry Rinaldi yang mana kisah ini dikisahkan dalam kitab Nasikhul Ibad oleh Syekh Nawani al Bantani, saat Umar wafat, sahabatnya Ali bin Abi Thalib pernah meminta kas atau terbukanya tirai gaib kepada Allah SWT untuk melihat Umar di dalam kubur.

Permintaan tersebut selanjutnya dikabulkan Allah SWT dan saat itu, Ali melihat Umar di dalam kubur.

Saat itu dilihatnya Munkar Nakir datang menemui Umar didalam kubur. Dimana malaikat Munkar dan Nakir digambarkan sangat menyeramkan yakni matanya laksana kendil yang terbakar serta bau busuk yang sangat menyengat. 

Sayyidina Ali waktu itu sangat senang sebab waktu itu ia mengira Umar akan ketakutan saat dihampiri oleh kedua malaikat itu. Namun, secara tiba-tiba Umar bangkit dan membentak kedua malaikat, Munkar dan Nakir itu.

Pada saat itu, Umar meminta agar kedua malaikat itu bersikap lebih sopan kepadanya. Ia juga pada saat itu memperkenalkan dirinya pada Munkar dan Nakir.

"Hai Munkar dan Nakir apakah kalian tahu sedang berhadapan dengan siapa? ," tanya Umar

"Yang sopan," lanjutnya

Baca Juga : Lepas Sejumlah ASN-nya ke Jabatan Baru, Kepala DPUPRPKP Kota Malang Beri Apresiasi

Kedua malaikat itu pun kaget sebab keduanya baru pertama kali dibentak dan baru kali itu ada yang berani membentaknya. Kedua malaikat itu pun lantas mempertayakan siapa sosok manusia yang berani membentaknya itu

"Memang kamu siapa?," tanya malaikat

"Saya ini temannya kekasih Allah," jawab Umar

Akhirnya Munkar dan Nakir bertanya kepada Allah mengenai sosok yang baru saja ia temui itu. Allah pun kemudian menyarankan kepada keduanya agar lebih sopan kepada orang mukmin seperti Umar bin Khattab itu.

Sejak kejadian tersebut, Munkar dan Nakir tidak pernah lagi tampil seram di hadapan Umar bin Khattab.


Topik

Agama umar bin khattab malaikat munkar nakir


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya