A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessionfuhsie7joungv56gj65m3vifu3mopuq6): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Makam Siti Hawa Panjangnya Mencapai 80 Meter, Benarkah? - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Makam Siti Hawa Panjangnya Mencapai 80 Meter, Benarkah?

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

02 - Apr - 2023, 08:21

Placeholder
Tampak makam sepanjang 80 meter yang diduga berada di pemakaman yang sama dengan Siti Hajar (foto: AlmanMulyana15)

JATIMTIMES - Siti Hawa adalah wanita pertama yang diturunkan ke bumi oleh Allah SWT. Dalam ajaran islam, Siti Hawa juga dikenal sebagai istri nabi pertama yakni Nabi Adam AS. 

Selama hidup di bumi, Siti Hawa dan Nabi Adam memiliki dua putra, yakni Qabil dan Habil. Kemudian Siti Hawa meninggal dunia dan disebut-sebut dimakamkan di Jeddah, Arab Saudi. Lantas benarkah makam Siti Hawa sepanjang 80 meter?

Baca Juga : Viral Seorang Ibu Tak Izinkan Jenazah Dikuburkan di Tanah yang Diakui Miliknya di Sumatera Utara

Melansir kanal YouTube Alman Mulyana, nampak makam yang kerap disebut sebagai milik Siti Hawa itu hingga saat ini masih dijaga ketat oleh para petugas. Sekilas tampak dari luar, area makam Siti Hawa itu terlihat seperti bangunan biasa di Arab Saudi pada umumnya yang dikelilingi pagar tembok besar dan kuat. 

"Ini makamnya Siti Hawa dan masih banyak yang ziarah ke sana," ujar Alman. 

Diketahui, makam Siti Hawa yang dimaksud adalah berlokasi di Al-Ammareyyah 1, Jeddah, Arab Saudi dan berada di tengah-tengah hiruk-pikuk kota. Di waktu-waktu tertentu seperti ibadah haji dan umrah, area pemakaman Siti Hawa tersebut ramai oleh peziarah yang berasal dari berbagai negara.

"Tempat ini sering dipenuhi sama jemaah haji dan jemaah umrah. Nah makam Hawa ini berada di Al-Ammareyyah 1 ya," sambungnya.

Terlihat makam Siti Hawa tanpa tanaman hijau dan barang-barang mewah. Namun, makam Siti Hawa justru terhampar sederhana. Makam istri Nabi Adam AS tersebut hanya berupa gundukan pasir dengan kijing sederhana. 

"Nah, ini makamnya, guys. Saya berjuang untuk teman-teman agar teman-teman tahu ya. Seperti ini makamnya," lanjutnya.

Salah satu hal yang menakjubkan adalah panjang makam di area makam Siti Hawa tersebut mencapai 80 meter.

"Saya mau share buat teman-teman semua tentang makam istri Nabi Adam yang ternyata panjangnya 80 meter menurut warga setempat," tulisnya.

"Jadi bener, makam Siti Hawa itu panjang (menurut warga setempat)," katanya.

Baca Juga : Viral, Driver Ojol Ini Dikagetkan dengan Ulah Anak-Anak yang Main Pocong-Pocongan di Makam Samaan Malang

Meski begitu, melansir dari Arab News, tim investigasi mengaku kesulitan untuk menemukan makam Siti Hajar. Sebagian pihak mengklaim, Hawa dimakamkan di pemakaman tersebut. Tapi banyak kalangan akademisi membantah rumor itu. Karena tidak ada bukti kuat untuk mendukung klaim tersebut. Apalagi belum ada yang tau tanggal pasti wafatnya Hawa.

Menurut sesepuh yang tinggal di sekitar makam, Pemakaman Hawa sudah berumur ribuan tahun. 

Sementara itu, Mohammed Youssef Trabulsi, yang menulis sebuah buku sejarah tentang Jeddah menjelaskan, semua referensi sejarah mengakui Hawa datang ke Jeddah di beberapa titik pada masa lampau.

Namun, lokasi pasti makamnya masih banyak diperdebatkan. Pemakaman di kawasan itu memang telah berusia sangat tua. Sejumlah sejarawan dan pengelana Islam bahkan mengatakan bahwa pemakaman itu berasal dari Abad ke-9 Hijriyah.

Jemaah haji biasa pergi ke sana setelah melakukan ritual haji. Mereka seringkali ditipu oleh segelintir orang yang menjual segenggam tanah pemakaman untuk dibawa pulang ke tanah air sebagai cenderamata.

Beberapa sejarawan meragukan keberadaan makam Hawa di pemakaman tersebut.

Penulis Arab Saudi kontemporer, Muhammad Sadiq Diab, dalam bukunya "Jeddah: Sejarah dan Kehidupan Sosial", mengatakan, "Tidak ada bukti sahih untuk mengkonfirmasi keberadaan makam Hawa di pemakaman tersebut. Saya pikir itu hanya mitos."


Topik

Agama makam siti hawa istri nabi Adam pemakaman kuno Arab Saudi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri