Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Menjaga Keutuhan NKRI, DPD Matra Banyuwangi Ajak Pelihara Adat Istiadat dan Budaya dari Daerah Pinggiran

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Mar - 2023, 19:48

Teguh Eko Rahadi, Ketua DPD Matra Kabupaten Banyuwangi (paling kanan) (Istimewa)
Teguh Eko Rahadi, Ketua DPD Matra Kabupaten Banyuwangi (paling kanan) (Istimewa)

JATIMTIMES - Banyuwangi terkenal sebagai daerah satu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kekayaan beraneka ragam adat istiadat tradisi dan budaya yang luar biasa dan memiliki nilai- nilai luhur yang menjadi sumber kekuatan untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ungkapan tersebut disampaikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Kabupaten Banyuwangi Teguh Eko Rahadi kepada wartawan media ini di Waroeng Kemarang desa Tamansuruh Kecamatan Glagah Banyuwangi.

Baca Juga : Kediri Mall Poodcast "KePo" Cara Kediri Mall Perkenalkan Berbagai Menu Tenant di Food Park

“Matra harus dimulai di daerah pinggiran desa,  apalagi dalam catatan sejarah perjalanan bangsa, pertempuran kolonial Belanda atau VOC waktu itu, yang menghabiskan dana terbesar adalah pertempuran melawan orang-orang Blambangan yang hari ini disebut Banyuwangi,” jelas Kang Teguh.

Jaringan Matra tidak hanya nasional tetapi juga ada di manca negara seperti Negara Malaysia, Brunei Darusalam dan Kamboja yang ikut bergabung di dalamnya. Karena merasa bahwa adat tradisi dan budaya nusantara luar biasa.

Tetapi Matra yang ada di Indonesia, lanjut dia fungsi dan perannya adalah bagaimana berkontribusi menjamin keberlangsungan NKRI.

Pria asal Desa Glagah itu menuturkan setelah melalui tahapan pelantikan dan pengukuhan pengurus akan menggelar konsolidasi pengurus DPD Matra Banyuwangi program awal yang akan dilakukan adalah melakukan konsolidasi organisasi.

Lebih lanjut Kang Teguh menambahkan pihaknya menginginkan dalam organisasi masing-masing bidang membuat perencanaan program kerja yang akan diflorkan dalam rapat kerja yang pertama.

“Matra ini akan dibawa kemana dengan cara bagaimana, walaupun jelas keberadaanya ingin berkontribusi dalam rangka penguatan menjaga memelihara dan melestarikan adat tradisi bangsa yang ada di nusantara,” imbuhnya.

Untuk membangun kekuatan dalam menjaga memelihara dan melestarikan adat tradisi dan budaya yang tumbuh dan berkembang  di Banyuwangi denan cara berkolaborasi dan berinergi dengan Pemerintah Banyuwangi, organisasi kemasyarakatan dan elemen masyarakat yang ada.

”Untuk bersatu padu menjamin menjaga memelihara dan melestarikan adat tradisi budaya yang ada di tanah Blambangan untuk Indonesia,” pungkas Kang Teguh.

Baca Juga : Banyuwangi Ramadhan Street Food: Manjakan Selera Pengunjung Dapatkan Takjil dan Menu Buka Puasa Ramadan

Mengutip informasi dari sebuah media desa, Masyarakat Adat Nusantara  atau Matra merupakan organisasi yang peduli terhadap adat bagi semua suku dan bangsa yang berada di Indonesia.

Saat ini Matra yang berpusat di Jakarta sudah membuka cabang di Banyuwangi melalui pembentukan pengurus DPD Matra di ujung timur pulau Jawa  di Waroeng Kemarang, Dusun Wonosari, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi pada  Jumat (17/03/2023) lalu.

Hadir dalam acara tersebut antara lain; Wakil Bupati Banyuwangi, Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, Perwakilan Kapolresta Banyuwangi, Perwakilan Komandan Kodim, Perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyuwangi, Ketua Dewan Kesenian Blambangan Banyuwangi.

Selanjutnya hadir pula Forpimka Kecamatan Glagah, Seluruh Kepala Desa se- Kecamatan Glagah, Ketua Askab Kabupaten Banyuwangi, Ketua Padepokan Se- Banyuwangi, Ketua KKI dan Ketua Kolase.

Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, M.Si, menyampaikan pembentukan DPD Matra di Banyuwangi ini tentunya sangat baik. Karena organisasi ini memiliki jaringan sangat luas, tidak hanya di level nasional tetapi di tingkat internasional,

“Atas nama pribadi dan pemerintah tentu berharap adanya sumbangsih berupa support terbaik untuk membangun Kabupaten Banyuwangi ini. Baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya maupun pariwisatanya. Saya berharap dengan adanya Matra ini akan lebih memudahkan pemerintah untuk membangun dan menjadikan Banyuwangi menjadi lebih baik,” ujar Pak Dhe Girah panggilan akrab Wakil Bupati Banyuwangi.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Matra Banyuwangi Matra Banyuwangi budaya


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni