Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tahun Ke-3, Ziarah Masal dan Tahlil Akbar di Desa Tunggulsari Makin Kompak

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

19 - Mar - 2023, 20:50

Kegiatan dalam rangka ziarah dan tahlil massal di makam Desa Tunggulsari. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)
Kegiatan dalam rangka ziarah dan tahlil massal di makam Desa Tunggulsari. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Memasuki tahun ketiga menjelang bulan Ramadan tahun 2023 ini, Pemerintah Desa Tunggulsari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, kembali melaksanakan kegiatan ziarah masal, Minggu (19/3/2023).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan ini semakin kompak dan khidmat. Sebab, para warga makin banyak yang mengikuti kegiatan ziarah massal sekaligus doa bersama berupa pembacaan tahlil akbar.

Baca Juga : Mampu Pertahankan Tradisi Budaya, Bupati Sidoarjo Berikan Apresiasi Warga Desa Rangkahkidul 

Pemdes-Karangtalun-2318ed35525c1172a.jpg

Kepala Desa Tunggulsari Didik Girnoto Yekti  mengatakan, kegiatan tahunan ini dimaksudkan untuk menjaga tradisi masyarakat menjelang bulan puasa atau Ramadan.

"Secara turun-temurun, masyarakat kita setiap menjelang bulan Ramadan dan untuk mengawali puasa, selalu datang ke kubur atau geren. Tradisi yang baik ini wajib kita lestarikan agar berkesinambungan dengan generasi mendatang," kata Didik.

Pria yang menjadi salah satu kandidat bakal calon bupati atau wakil  bupati Tulungagung 2024 ini menjelaskan, penggagas kegiatan adalah krmas Nahdlatul Ulama (NU) dan dirinya selaku kepala desa Tunggulsari.

"Kegiatan religius ini diprakarsai oleh ormas NU Ranting Tunggulsari dan jamaahnya, ini bagian dari doa bersama dan sekaligus dilakukan khotmil Qur'an," ungkapnya.

Menjelang Ramadan, tradisi lain yakni berupa megengan atau istilahnya megeng yang berarti ngempet.  Dalam tradisi megengan ini, warga masyarakat di Kabupaten Tulungagung biasanya juga memberikan sedekah berupa berkat yang dibagikan ke lingkungan atau ke musala.

Baca Juga : Hasto Sebut Pertemuan Jokowi dan Megawati Membahas Hal Serius 

 

"Tadi juga membawa berkat, ini dimaksudkan juga melaksanakan kegiatan megengan jelang Ramadan tahun ini," imbuhnya.

Selama tiga tahun berturut-turut, Pemerintah Desa Tunggulsari berhasil menggalang dan menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik dan sukses.

"Dengan kegiatan ziarah masal dan ditandai pembacaan tahlil, khotmil Qur'an ini akan lebih mempererat persatuan dan kesatuan. Jalinan silaturahmi antar warga semakin erat dan ini juga menjaga semangat gotong royong," pungkasnya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy