Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Jadi Rutinitas, Kepala Pasar Sawojajar Tak Canggung Turun Langsung Bersihkan Sampah

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

10 - Mar - 2023, 14:33

Potongan gambar dari kepala pasar Sawojajar yang terekam video mendorong gerobak sampah (Ist)
Potongan gambar dari kepala pasar Sawojajar yang terekam video mendorong gerobak sampah (Ist)

JATIMTIMES - Kepala Pasar Sawojajar, Denok Lusiana sempat jadi perbincangan publik. Hal ini lantaran sosoknya yang bersahaja dan dikenal aktif  serta begitu peduli dalam pengelolaan pasar Sawojajar. Sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi kepala pasar, ia tak canggung menyapu pasar dan membersihkan sampah di pasar. 

Bahkan, ia sempat terekam video tengah menyapu dan mendorong bak troli dan juga gerobak berisikan sampah di tengah-tengah pasar. Bahkan, ia juga memberikan peralatan sampah tanpa ada rasa canggung. Video tersebut pun sempat viral di media sosial Facebook.

Baca Juga : Operasi Pasar Murah Diskumperindag Kota Batu Sasar Warga Desa Giripurno

Ditemui di Pasar Sawojajar, Denok Lusiana menjelaskan, hal tersebut menjadi bagian dari pelayanan terhadap masyarakat agar kondisi pasar nyaman untuk dikunjungi. Meski memiliki petugas untuk membersihkan pasar, namun hal tersebut tak lantas membuat dirinya malas untuk turun langsung. Menurutnya dengan turun langsung ke tengah pedagang, selain dapat memantau kondisi pasar, juga sekaligus menjaring aspirasi atau keluhan pada pedagang.

1

"Ini sudah jadi rutinitas, kita harus juga memberikan contoh bagi semua warga pasar, pedagang, agar selalu menjaga kebersihan pasar, menjaga pasarnya sebagai tempat mencari rezeki," jelasnya.

Lebih lanjut, Denok sapaan akrabnya menjelaskan, dengan kebersihan yang terjaga tentunya akan berimbas positif bagi para pedagang dan juga para konsumen. Pemkot Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang berkomitmen untuk memberikan pasar rakyat yang nyaman dan aman. 

Pemkot Malang telah melakukan perbaikan sarana dan prasarana pasar yang ada menjadi lebih representatif. Hal tentunya juga harus didukung dengan kesadaran masyarakat, baik itu pedagang atau konsumen untuk menjaga kebersihan pasar. 

Sehingga dukungan dan partisipasi aktif masyarakat, dalam hal ini para pedagang dan konsumen sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan pasar yang nyaman, aman dan bersih.

Baca Juga : Kuatkan Ekonomi, Mendag Akan Gerakkan Digitalisasi UMKM

"Sesuai arahan wali kota, maupun kepala dinas yang menekankan untuk menciptakan suasana pasar yang bersih. Sehingga pedagang dan pengunjung nyaman. Dan melalui saya turun langsung, berupaya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan pasar," terangnya.

Dengan kebersihan pasar, tentu dapat berimbas pada sektor pemasukan para pedagang. Para konsumen yang berbelanja ke pasar rakyat akan merasa nyaman dan membuatnya tak kapok kembali lagi berbelanja ke pasar. 

"Makanya ayo semua jaga kebersihan pasar, ini milik kita semua, harus saling menjaga. Konsumen nyaman, pemasukan meningkat, tentu semua akan sejahtera," pungkasnya.


Topik

Profil denok lusiana kepala pasar sawojajar sampah pasar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana