Musim Hujan, Enaknya Ngangsle dan Ngeronde di Tempat Ini biar Hangat

Dec 17, 2017 11:30
Ronde dan Angsle Pak Kholil
Ronde dan Angsle Pak Kholil

MALANGTIMES - Bagi sebagian orang, wedang ronde mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, minuman dari Jawa ini berisi olahan tepung ketan dengan bentuk bulat-bulat kecil yang berisi gula di dalamnya. Persis kue mochi. Ronde ini disiram dengan kuah jahe panas yang akan membikin badanmu hangat. Biasanya ada taburan kacang untuk menambah sensasi rasa.

Ronde sangat cocok dinikmati malam hari atau saat hujan. Umumnya, penjual ronde sekaligus menjual angsle. Angsle adalah minuman berkuah santan yang berisi roti tawar, mutiara dan kacang hijau rebus.

Baca Juga : Nikmatnya Durian Bakar Wonosalam, Kuliner Primadona Khas Jombang

Nah, di Malang ada beberapa warung ronde dan angsle favorit masyarakat. Ini dia lima ronde dan angsle yang sering jadi jujugan masyarakat di Malang.

1. Kedai Titoni

Kedai ini sudah ada sejak tahun 1948 di Jalan Zainul Arifin. Tidak jauh dari Alun-Alun Kota Malang, sekitar 600 meter saja. Menu yang ditawarkan di warung ini antara lain ronde kering, ronde basah, ronde campur, dan angsle untuk minumannya. Sedangkan untuk camilan, ada ca’kwe dan roti goreng.

Ronde basah adalah wedang ronde berisi bulatan dari tepung ketan (seperti mochi) yang disiram dengan kuah jahe. Untuk ronde kering, bulatan-bulatan tepung ketan tersebut tidak disiram dengan kuah jahe, melainkan disajikan dengan bubuk kacang. Untuk harga, tidak perlu khawatir. Harga jajanan di sini dibanderol mulai 3 ribu rupiah hingga 9 ribu rupiah saja.

2. Angsle dan Ronde Akor
Angsle dan ronde Akor terletak di sebelah selatan Alun-Alun Kota Malang, yakni di Jalan Pulau Sempu. Semangkok kecil angsle dan ronde di sini dibanderol dengan harga 7 ribu rupiah. Meskipun hanya semangkok kecil, angsle dan ronde di sini cukup membantu menghangatkan badan di saat kedinginan karena menggunakan kuah jahe terbaik.

Baca Juga : Alasan Ini yang Membuat Mahasiswa Unisma Pilih Coffee Times sebagai Tempat yang Cocok untuk Diskusi

3. Tahwa Angsle Ronde Fais
Tahwa angsle ronde Fais berdiri sejak tahun 2006, berpusar di Jalan Muharto. Hampir sama dengan ronde, tahwa berbahan jahe panas dengan kedelai pilihan.

4. Angsle Pak Solikin
Di Pasar Polehan Blimbing, masih ada warung penjual angsle dengan proses memasak secara tradisional. Angsle Pak Solikinlah yang dimaksud. Warung ini masih memasak angslenya dengan menggunakan arang dan mempertahankan resep peninggalan Pak Solikin sebagai pemilik pertama. Kini angsle ini telah dikelola oleh putranya, Rudi dan Suraji. Angsle yang berdiri sejak tahun 1976 dan kini harga tiap mangkuknya hanya 6 ribu rupiah saja.

5. Ronde dan Angsle Pak Kholil
Warung ronde dan angsle Pak Kholil ini berada di Jalan Galunggung, tepatnya di seberang Bank BCA Capem Galunggung. Warung tenda sederhana ini memang terkenal dengan racikan ronde nya yang khas. Cara menikmati ronde di sini bisa dengan dua cara, Kering dan basah.

Ronde kering agak berbeda karena digulingkan ke dalam campuran gula dan kacang yang ditumbuk kasar, disajikan terpisah dari kuahnya. Selain menyediakan ronde, warung yang buka mulai pukul 18.00 WIB setiap harinya ini juga menyediakan beberapa jenis makanan lain yang enak dinikmati malam-malam.

Topik
Kuliner Malangronde malangangsle malang5 ronde enak di malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru