Dalaman Hijab Bisa Buat Kamu Malah Tembem, Ini Penjelasan Desainer Malang

Aug 03, 2017 17:13
Salah satu jenis ciput untuk dalaman hijab (foto via HIJUP)
Salah satu jenis ciput untuk dalaman hijab (foto via HIJUP)

MALANGTIMES - Fesyen bagi wanita berhijab bukan hanya tentang kerudung. Pemilihan dalaman hijab juga penting diperhatikan.

Dalaman hijab biasa disebut dengan istilah bandana, cemol, atau ciput. Dalaman hijab ini berfungsi mempermudah pengaturan gaya hijab. 

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Menurut perancang mode asal Malang, Elma Faricha penggunaan ciput harus disesuaikan dengan bentuk wajah.

Desainer anggota Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang itu menjelaskan ciput sebaiknya tidak terlihat bagi pemilik wajah bundar dan cenderung memiliki pipi tembem.

Elma menerangkan apabila dalaman hijab digunakan pada kerudung, maka berpengaruh kepada bentuk wajah. "Kalau yang wajahnya tirus sih enggak ada masalah ya, tapi bagi mereka yang chubby (tembem) sebaiknya enggak diperlihatkan ciputnya," kata dia.

Model hijab dengan memperlihatkan ciput bagi wajah tembem malah dapat memperbesar bagian pipi. Oleh sebab itu, Elma menyarankan agar hijab ditarik hingga sedikit menutupi bagian pipi.

"Jadi lebih baik kalau hijabnya ditarik sedikit supaya pipinya bisa tersamarkan. Itu dapat membuat efek tirus bagi wanita berhijab yang pipinya tembem," jelas alumnus Arva School of Fashion itu.

Soal ciput bagi wanita dengan wajah tirus cenderung lebih baik ditampakkan. "Soalnya enggak ada pengaruhnya ke wajah, secara wajahnya kan udah tirus atau oval gitu jadi ya aman-aman saja," imbuh dia.

Sementara itu, bahan ciput dibuat menggunakan berbagai kain. Ladies mungkin sudah hafal betul macam-macam ciput hijab ini. Mulai dari ciput ninja, ciput brokat (renda), ciput konde, dan ciput topi. 

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

Ciput ninja sesuai namanya memiliki bentuk seperti yang digunakan para ksatria ninja di Jepan. Ciput ninja ini tertutup hingga bagian leher dan didesain biasanya memakai resleting atau kancing.  

Nah, ciput brokat atau renda merupakan dalaman jilbab yang berbentuk bandana, topi, atau ciput lainnya. Hanya saja ciput yang satu ini memiliki tambahan aksen brokat atau renda yang menjadikan dalaman jilbab terlihat lebih manis dan feminin.

Model ciput lain ialah ciput konde. Ciput ini memiliki konde di bagian belakang yang berfungsi untuk menambah extra volume, sehingga siluet jilbab yang ditampilkan terlihat lebih bagus.

Pilih ukuran konde yang sesuai dengan proporsi bentuk kepala dan wajah Anda, ciput konde ini juga biasa dinamakan cepol. 

Terakhir adalah jenis ciput topi. Dalaman hijab ini menutup bagian kepala dan memiliki tambahan topi di bagian depan nya.(*)

Topik
hijabElma FarichaIndonesian Fashion Chamber
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru