Agar Mudah Didownload, Google Perkecil Ukuran Aplikasi

Dec 10, 2016 14:49
Google playstore (Google)
Google playstore (Google)

MALANGTIMES - Banyaknya pemakai android yang mendownload jutaan aplikasi di Playstore membuat pihak android memberikan kemudahan dengan memperkecil ukuran dari aplikasi-aplikasi yang mempunyai ukuran besar.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Kendala yang sering ditemui saat mendownload aplikasi selama ini adalah ukuran file aplikasi yang sangat besar, yang itu jelas menyita memori pada perangkat.

Namun, kali ini pihak google sendiri telah menemukan cara efektif untuk mempermudah para penggunanya dengan memperkecil ukuran aplikasi maupun up date-nya sampai 90 persen

Kecilnya ukuran aplikasi itu yang membuat proses download bisa semakin cepat dan membut kapasitas penyimpanan tidak terkuras habis. 

Sebelumnya, pihak google hanya mampu memperkecil ukuran sekitar 47 persen  dari ukuran asli aplikasi.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Dengan algoritma, bsdiff (Binary diff/patch utility) googlepun bisa memperkecil ukuran sampai 50 hingga 80 persen lebih kecil ketimbang Xdelta. 

Dan saat ini, Google akan menggunakan cara baru untuk memperkecil  ukurannya sampai 65 persen, dari file hasil dari bsdiff.

Dalam beberapa kasus bahkan google dapat memangkas ukuran hingga 90 persen.  Namun untuk saat ini yang dipangkas masih sebatas pada up date aplikasi saja.

Topik
Google playstorePerkecil ukuran aplikasiAndroid

Berita Lainnya

Berita

Terbaru