Ini Cara Minum Kopi yang Tepat

Nov 14, 2016 17:54
Penikmat kopi di salah satu cafe yang beralamat di Jl. Jakarta 59 Kota Malang (Foto: Hendra/ malangTIMES)
Penikmat kopi di salah satu cafe yang beralamat di Jl. Jakarta 59 Kota Malang (Foto: Hendra/ malangTIMES)

MALANGTIMES - Minum kopi kini telah menjadi gaya hidup di perkotaan. Warung kopi sampai kafe selalu dipenuhi orang tanpa mengenal waktu.

Tetapi tahukah anda, bagaimana cara minum kopi yang tepat? MALANGTIMES akan memberikan tips tersebut agar para kopimania semakin mendapat faedahnya.

Pertama, dalam mengkonsumsi kopi hendaknya secukupnya saja dan tidak berlebihan. Disarankan dua kali sehari, secangkir di pagi hari setelah sarapan dan secangkir sore hari setelah makan. 

Kedua, minumlah kopi hitam tanpa gula. Hal ini memberikan manfaat bagi tubuh, terutama penderita diabetes. Kopi hitam mengandung 60 persen nutrisi, 20 persen vitamin, 10 persen kalori dan 10 persen mineral.

Selain manfaat tersebut minum kopi tanpa gula mampu meningkatkan daya ingat, membantu otak tetap aktif juga membantu mengaktifkan saraf utk mencegah dimensia dini.

"Kafein merupakan simultan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan mood, energi dan fungsi kognitif seseorang," kata Prof. Achmad Subagio, pakar pertanian dan juga pakar pengolahan pangan lulusan Jepang.

Selain hal tersebut kopi tanpa gula membantu membersihkan "isi perut", jadi akan kerap buang air kecil dimana racun dan bakteri dalam tubuh keluar bersama urine.

"Kopi juga membantu menurunkan berat badan, karena dapat membakar lemak,"l anjut Achmad yang juga menuliskan kopi mampu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

"Sebagai antioksidan, secangkir kopi mengandung vitamin B2, B3 dan B5 serta mangan, magnesium dan kalium,"imbuhnya.

Ketiga, cara minum kopi yang tepat adalah jangan terlalu sering minum kopi instan yang dikemas dan mengandung krimer.

Achmad Subagio yang juga Ketua Lembaga Penelitian ( Lemlit ) Universitas Jember, Jawa Timur pernah melakukan percobaan kecil dengan tiga buah lilin menyala, yang ditaburi krimer nabati di atasnya. Hasilnya nyala lilin semakin membesar, bukannya mati.

"Ini karena krimer nabati bersifat eksplosif, mudah meledak. Jadi banyak mengonsumsi  kopi krimer, sama halnya dengan memasukkan kolesterol kering dalam tubuh yang susah dicerna oleh tubuh,"ungkap Achmad.

Tips keempat adalah jangan sesekali minum kopi sendirian. Karena kenikmatan kopi ada di dalam kebersamaan. Maka ajaklah karib, pasangan atau bahkan orang yang anda anggap musuh. 

Topik
Cafe Cafe Di Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru