Aplikasi Menarik Khusus Ramadan (1)

Taqorrubat, Aplikasi Dzikir dan Doa Karya Alumni UIN Malang

Jun 18, 2016 22:13
Aplikasi Taqarrubat Hasil Karya Mahasiswa UIN Maliki Malang (foto istimewa)
Aplikasi Taqarrubat Hasil Karya Mahasiswa UIN Maliki Malang (foto istimewa)

MALANGTIMES - Bila selama ini Anda kerap mengunduh aplikasi android bikinan luar negeri, cobalah beralih untuk mencintai aplikasi karya anak negeri.

Di Bulan Ramadan ini, ada aplikasi terbaru karya developer asal Malang yang bisa diunduh secara gratis. Taqorrubat nama aplikasinya.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Boleh jadi ini aplikasi Ramadan paling anyar yang diluncurkan. Disusun oleh Pusat Ma'had Al-Jami'ah UIN Maliki Malang, Taqorrubat awalnya berbentuk seperti buku.

"Sebenarnya Taqorrubat adalah amalan harian yang ada di Ma'had Al-Jami'ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," terang M. Miftahul Huda, developer Taqorrubat pada MalangTIMES, Sabtu (18/6/2016).

Sebagai alumni UIN Malang, pria yang akrab disapa Miftah itu tergerak untuk memperluas akses Taqorrubat.

"Saya berfikir akan lebih banyak orang yang menjangkau dan mengamalkan jika dikemas dalam bentuk mobile apps," jelasnya.

Miftah pun mengembangkan aplikasi Taqorrubat lewat start-up yang ia bangun bernama Inagata Technosmith.  Butuh waktu dua minggu untuk mengembangkan mobile apps tersebut. 

Apa saja fitur yang dimiliki Taqorrubat?

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Miftah menjelaskan ada lima fitur yang ada dalam Taqorrubat yakni kumpulan do'a yang telah dikategorikan, favorit, share ke media sosial, copy text, dan search.

Selain fitur tersebut, ternyata Taqorrubat juga berisikan dzikir dan doa sehari-hari dengan fitur tasbih yang dapat menghitung jumlah do’a.

Desain UI/UX (User Interface dan User Experience) yang handal membuat tampilan Taqorrubat nyaman digunakan.

Nah, untuk pengembangan Taqorrubat versi kedua, Miftah berencana akan melengkapinya dengan MP3 do’a disertai dengan terjemahan dan cara membaca. Tidak sabar segera memiliki aplikasi Taqorrubat? Unduh aplikasi ini lewat Playstore di sini (*)

Topik
Aplikasi Ramadan Karya Anak Negeri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru