Kabupaten Malang Siap Gelar Ujian Negara Berbasis Komputer

Sosialisasi UNBK 2017 di Aula Dindik Kabupaten Malang yang dihadiri oleh seluruh kasek dan koordinator guru se Kabupaten Malang, (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Sosialisasi UNBK 2017 di Aula Dindik Kabupaten Malang yang dihadiri oleh seluruh kasek dan koordinator guru se Kabupaten Malang, (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang kebut persiapan dalam menghadapi Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017. 

Seluruh Kepala Sekolah Menengah Negeri dan koordinator guru se Kabupaten Malang dikumpulkan dalam rangka sosialisasi UNBK tersebut.

"Kita ambil langkah secepatnya, karena UN sekarang berbeda dengan tahun lalu. Butuh persiapan matang baik guru, murid maupun perlengkapan lainnya," kata Pudianto, Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Malang kepada MALANGTIMES, Selasa (03/01).
Perbedaan UN tahun 2017 adalah mengenai ujian berbasis komputer yang tentunya membutuhkan berbagai persiapan.

"Sosialisasi hari ini adalah bagian dari persiapan tersebut. Nantinya akan ada pertemun lainnya,"ujar Pudianto.
Langkah-langkah yang telah ditempuh dalam rangka menyambut UNBK, menurut Puji Hariwati, Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (Kabid SMP) Dindik Kabupaten Malang selain sosialisasi, sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2016.

"Pendataan, pemetaan maupun manajemen UN tahun lalu bisa dijadikan indikator bahwa Kabipaten Malang siap melaksanakan UNBK," katanya setelah acara sosialisasi selesai.
Puji juga mengatakan bahwa Kabupaten Malang sudah siap dalam proses persiapan UNBK.

"Substansinya kita siap karena persiapan-persiapan sudah dilakukan sejak tahun lalu," imbuhnya.
Hal tersebut diperkuat oleh salah satu peserta dari SMPN 1 Pujon, Sumilah yang menyatakan dari hasil sosialisasi tersebut dia mendapat bayangan yang jelas dalam UNBK.

"Jelas mas yang perlu ditindaklanjuti adalah koordinasi dengan rayon-rayon dan sekolahan dalam persiapan peralatan UN nanti," ujarnya.
Harapan Dindik Kabupaten Malang nantinya adalah bahwa seluruh sekolah siap dalam menghadapi UNBK dan mampu mengantarkan muridnya ke jenjang pendidikan sesuai harapannya.

"Sekolah harus menjamin prestasi muridnya dengan cara memaksimalkan segala upaya nanti," tegas Pudianto.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top