Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Smartphone Android Cepat Panas? Ini Penyebabnya

Penulis : Nanda Eka Chandra - Editor : Lazuardi Firdaus

27 - Aug - 2016, 18:30

Smartphone Android (sumber: express.co.uk)
Smartphone Android (sumber: express.co.uk)

MALANGTIMES - Terkadang saat sedang saat asik berselancar di dunia maya atau sedang bermain game dengan menggunakan smartphone berbasis android handphone menjadi cepat panas.

Terkadang ini merupakan hal yang menjengkelkan. Sebenarnya ini merupakan hal yang biasa terjadi pada smartphone.

Namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena hapndphone cepat panas, anda perlu pengetahui penyebab smartphone android cepat panas saat digunakan.

Berikut ini penyebab smartphone android cepat panas seperti dikutip majalahgadget.com, Sabtu (27/08/16).

1. Berdebu

Tidak jauh berbeda dengan komputer, ketika arus udara yang keluar dan masuk dari perangkat smartphone Anda tersumbat, maka yang terjadi adalah terperangkapnya udara panas.

Salah satu penyebab tersumbutnya udara sendiri ada banyak, namun yang paling sering adalah kotoran berupa debu.

Biasanya kotoran tersebut berada di bagian respirator belakang casing ponsel atau bagian-bagian lubang speaker.

Sementara, penyebab munculnya debu dan kotoran sendiri ada banyak, mulai dari menyimpan smartphone di saku, tas ataupun karena Anda meletakkan smartphone di area dengan polusi udara yang tinggi, seperti di jalanan ataupun ruangan dengan asap rokok.

2. Mesin Berkerja Berlebihan

Pengguna awam biasanya tidak terlalu memikirkan mengenai kinerja atau performa suatu perangkat dengan komponen yang digunakan.

Padahal, suatu prosesor atau pun RAM memiliki ukurannya sendiri, yang ketika dipakai secara berlebihan dapat membuatnya overheating.

Ada banyak sekali penyebab mesin bekerja secara over, mulai pemakaian aplikasi secara berlebihan dalam model multitasking dan penggunaan satu aplikasi dengan sistem yang berat, misalnya game HD, GPS dan layanan streaming video.

Selain itu, aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang (background) juga sangat mempengaruhi kinerja mesin, seperti tema animasi, aplikasi baterai, permainan dan lain sebagainya.

3. Masalah pada jaringan

Ketika smartphone mencari jaringan yang sesuai, maka mesin akan bekerja sangat keras. Bahkan dalam beberapa keadaan, daya baterai benar-benar terserap habis hanya untuk mencari sinyal.

Perangkat pun akan semakin panas ketika sinyal yang dicari adalah jaringan 3G ataupun 4G. Selain itu, penggunaan data untuk melakukan akses internet secara berlebihan juga dapat meningkatkan suhu prosesor.

4. Kerusakan pada baterai

Penyebab smartphone cepat panas selanjutnya adalah akibat dari kerusakan pada baterai. Biasanya kerusakan baterai sendiri diakibatkan karena umur baterai yang sudah sangat tua, pemakaian yang tidak sesuai dengan petunjuk vendor serta memakai perangkat smartphone ketika melakukan pengisian daya.

Namun semua itu berkaitan pula dengan jenis baterai, kualitas dan daya tampung. Semakin kecil daya tampungnya, maka semakin cepat pula panasnya.

5. Malware

Malware menjadi penyebab smartphone cepat panas terakhir yang harus Anda perhatikan. Ketika sebuah smartphone dihinggapi oleh sebuah malware, misalnya virus, maka yang terjadi adalah kerusakan sistem perangkat lunak.

Namun akibat atau dampaknya berbeda-beda tergantung jenis virusnya. Bisa jadi hanya merusak dengan cara memenuhi ROM, melakukan akses internet secara otomatis untuk memanggil virus lainnya ataupun masuk ke tahap merusak sistem hardware. Semua dampak tersebut mempengaruhi kinerja mesin, yang berujung pada peningkatan suhu secara ekstrim. (*)


Topik

Tekno Smartphone-Panas Malang-Tekno Tips-dan-Trik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nanda Eka Chandra

Editor

Lazuardi Firdaus