Podcast

JatimTIMES

Penyakit Orang Indonesia Minder Disebabkan Penjajahan oleh Bangsanya Sendiri

Download Audio:M4A

Permasalahan mendasar orang Indonesia adalah minder, kurangnya rasa percaya diri. Pertanyaannya, mengapa sampai tidak percaya diri? Apakah lantaran lama dijajah oleh negara lain?


Sebenarnya, orang Indonesia tidak percaya diri lantaran dijajah oleh bangsanya sendiri. Hal ini juga disampaikan oleh aktivis, pemikir, dan pegiat kewirausahaan sosial yang memiliki berbagai kiprah, Dimas Oky Nugroho.


Penyebab orang Indonesia tidak percaya diri bukan karena dijajah terlalu lama oleh Belanda, Jepang, bukan. Yang menjajah kita adalah bangsa kita sendiri. Raja-raja kita, pemimpin-pemimpin kita, elit-elit kita yang memang ingin mengeksploitasi kita.


Lamanya Indonesia dieksploitasi, dijajah, dan sebagainya tersebut membuat orang Indonesia tidak punya kepercayaan diri.


Kita selalu minder. Padahal pada dasarnya semua sama saja di mata Tuhan dan di mata hukum.


Nah, kemudian pendidikan lah yang membuat orang Indonesia percaya diri dan tentunya bermanfaat.


Itulah esensi pendidikan. Membuat percaya diri dan bermanfaat bagi manusia lain. Mau itu alumni pesantren, alumni UI, alumni UIN, SMK, yang terpenting kita bisa memberikan value. 


Institusi pendidikan, itu, hanyalah metode, hanya inovasi. Entah itu ada ijazahnya atau tidak, yang formal maupun nonformal.


Pada dasarnya hakikatnya pendidikan membuat peserta didik menjadi percaya diri, mandiri, dan bermanfaat bagi sesama. That's it.


Baca selengkapnya di...

www.malangtimes.com

1 tahun yang lalu