Kebijakan Publik dengan Pelayanan Publik

Buku berjudul “ Kebijakan Publik: Evaluasi, Reformasi,Formulasi” ini ditulis oleh Hayat, S.A.P, M.Si. adalah seorang dosen dalam fakultas ilmu administrasi di Universitas Islam Malang, selain menjadi dosen beliau juga aktivis sosial dan peneliti.

Didalam buku ini banyak sekali ditemukan pokok-pokok pembahasan yang penting,seperti pelayanan publik,kebijakan publik dll. Saya sebagai reviewer dapat menyimpulkan beberapa diantaranya : Indikator penting yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah sebuah pelayanan publik. “Pelayanan publik adalah suatu kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi secara optimal”. Dijelaskan dibuku tersebut bahwa sebuah pelayanan publik menjadi sebuah kebutuhan masyarakat secara optimal. Karena apabila sebuah pelayanan publik belum optimal maka sebuah instansi atau pemerintah dapat dikatakan belum berhasil mensejahterakannya. Karena pelayanan publik dapat dikatakan berhasil atau baik apabila masyarakatnya sudah merasa baik dan puas terhadap pelayanan publik. Pelayanan publik menjadi indikator paling utama dalam penyelenggaraan pemerintah. Selain itu pelayanan publik juga dapat menjadi alat untuk menilai kinerja pemerintah apakah sudah baik atau tidak.

Selain tentang pelayanan publik ada juga bahasan yang menarik yaitu Kebijakan Publik. Kebijakan publik menjadi bagian penting dalam kajian ilmu administrasi publik. Dengan adanya kajian-kajian baru tentang kebijakan publik maka itu dapat menjadikan kebijakan publik semakin kompleks akan pentingnya kebijakan publik Proses kebijakan publik ada tiga pilar utama yaitu (1) Policy Formulation, (2) Policy Implementation, (3) Policy Evaluation. Tiga pilar tersebut saling berhubungan dan berkaitan. Bentuk- bentuk dari Kebijakan Publik ialah (1) Undang-Undang, (2) Paternalistik, (3) Perilaku Pemimpin. Dalam bentuk-bentuk kebijakan publik point ketiga banyak sekali kasus yang terjadi. Contoh kasus pada bentuk kebijkan publik perilaku pemimpin yaitu korupsi. Korupsi menjadi salah satu contoh dari bentuk kebijakan publik karena penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh pemimpin menghantarkannya pada kasus korupsi. Maka dari itu kebijakan publik sangat berpengaruh terhadap pelayanan publik. Kebijakan publik menjadi tonggak keberhasilan program-program pemerintah untuk membangun dan mengembangkan suatu negara. Kebijakan publik merupakan penentu dari kesuksesan negara dalam rangka menciptakan ketentraman, kesejahteraan, dan keadilan dalam kehidupan masyarakat.

Buku ini hadir agar dapat memberi manfaat untuk masyarakat, terutama bagi pelayan publik agar mereka lebih berpengetahuan dalam melayani masyarakat dan lebih baik lagi dalam melayani pelayanan.

Dalam buku ini segala bahasan menggunakan bahasa yang cukup bagus dan mudah dipahami untuk segala kalangan. Didalam buku ini tidak hanya menyediakan mengenai teori- teori dari beberapa ahli, namun pendapat penulis juga dituangkan sehingga mampu memperkuat teori-teori sebelumnya.

Buku ini pada dasarnya ditujukan pada umum. Namun secara khusus buku ini sangat cocok untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintah, bisa juga untuk Fakultas Hukum. Dengan adanya pembahasan yang lengkap dan bahasa yang mudah dipahami, buku ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk menambah pengetahuan dalam bidang kebijakan publik bagi yang ingin mempelajarinya. Dan juga buku ini sangat direkomendasikan untuk setiap kalangan yang ingin mempelajari tentang kabijakan publik.

 

Segala opini, saran, pernyataan, jasa, penawaran atau informasi lain yang ada pada isi/konten adalah tanggungjawab penulis bukan MalangTIMES.com.
Kami berhak menolak atau menyunting isi konten yang tidak sesuai dengan kode etik penulisan dan kaidah jurnalistik.
Kami juga berhak menghapus isi/konten karena berbagai alasan dan pertimbangan dan tidak bertanggungjawab atas kegagalan atau penundaan penghapusan materi tersebut.

Top