Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Setelah sebelumnya seluruh pasien positif Covid-19 di Kota Malang dinyatakan sembuh total, kini kabar terbaru menyatakan jika ada satu tambahan pasien positif yang tengah menjalani perawatan.

Kabar tersebut disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji melalui Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto. Pria yang akrab disapa Wiwid itu menyampaikan, pada Minggu (29/3/2020) malam tercatat ada satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Pasien tersebut saat ini tengah menjalani perawatan di RS Panti Waluyo RKZ Kota Malang.

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

"Yang bersangkutan berasal dari Jakarta, sedang menempuh pendidikan di Kota Malang, dan di sini kost," kata Wiwid.

Lebih jauh pria yang juga menjadi Juru Bicara Tim Sargas Covid-19 Kota Malang itu menyampaikan, pasien tersebut sebelumnya mengalami gejala klinis setelah menempuh perjalanan dari Jakarta, dan menjalani perawatan sejak 20 Maret lalu. Kemudian hasil swab baru keluar hari ini, Minggu (29/3/2020).

Jika mengacu data kependudukan sebagai warga Jakarta, seharusnya tidak menjadi data PDP positif kota Malang sebagaimana warga kabupaten Malang yang juga sedang dirawat di rumah sakit rujukan di kota Malang. Namun karena bentang kendali domisili memang relatif jauh dan apabila sembuh akan diisolasi di Malang, maka masuk dalam data PDP positif Kota Malang.

Menyikapi hal itu, Wali Kota Malang melalui Kabag Humas meminta masyarakat untuk tetap melakukan social distancing, beraktivitas di rumah, physical distancing dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga persebaran virus yang menyerang bagian pernapasan itu bisa ditekan.

"Pak Wali juga menyampaikan pesan, dengan memperhatikan situasi dan sebentar lagi akan memasuki tradisi mudik, maka dihimbau, disaran pertimbangkan dan mengharapkan keikhlasan warga untuk sementara waktu tidak pulang kampung. Baik yang keluar Malang atau pun yang akan kembali ke kota Malang," tambah Wiwid.

Baca Juga : Pasien Covid-19 di Jombang Seorang Dokter, Ada 80 Orang Berpotensi Tertular

Sutiaji juga menyampaikan rasa syukurnya atas pulih dan sembuhnya tiga pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembun total. Meski begitu, pasien akan tetap menjalani masa karantina secara ketat dan selalu diobservasi perkembangannya oleh tim medis.

Dia pun berpesan agar warga Kota Malang tidak lengah dan tetap waspada serta patuh terhadap imbauan pemerintah. Peringatan walikota tersebut sebagaimana dituturkan Widianto, karena ada indikasi begitu mendengar kabar baik itu, warga merasa situasi sudah aman.

"Ini sangat tidak boleh. Jangan mudah menyepelekan dan menyederhanakan perkembangan yang ada. Terlebih perlu saya informasikan, baru ada tambahan  satu positif baru. Artinya musuh (corona) masih didepan kita," tegas Wiwid.