Petugas medis saat menangani pasien. (Foto: istimewa)
Petugas medis saat menangani pasien. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Dalam kondisi sehat atau tidak ada gejala, warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu positif terpapar virus Corona atau penyakit Covid-19. Pasien tersebut sudah masuk dalam daftar Orang Dalam Risiko (ODR) sudah sejak 17 Maret 2020 lalu.

“Semula pasien positif ini ditetapkan ODR pada 17 Maret 2020, lalu melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Dan hingga saat ini kondisi juga sehat,” ucap Kabag Humas Pemkot Batu, Shanti Restuningsasi.

Baca Juga : Kota Batu Siapkan 3 Shelter Isolasi Covid-19, Anggarannya Rp 1,3 Miliar

Sejak saat itu, orang tersebut sudah mengisolasi secara mandiri di rumahnya. Karena test tersebut menunjukkan positif, sehingga ia harus melakukan isolasi lanjutan.

“Dan Alhamdulillah yang bersangkutan sangat kooperatif. Semoga yang bersangkutan segera kembali sehat," imbuhnya.

Sebelumnya pasien itu melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Namun, kini sudah dipindahkan ke Rumah Sakit Karsa Husada pada Sabtu (28/3/2020). 

Shanti menambahkan, pasien tersebut adalah warga pendatang berasal dari kota lain di Jawa Timur. Ia ke Kota Batu untuk bekerja dan tinggal di sebuah rumah kos di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. 

Meskipun demikian, ia meminta kepada warga Kota Batu untuk tidak panik, lebih waspada, dan tidak perlu khawatir berlebihan.

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

Sedangkan untuk update hingga Sabtu (28/3/2020) pukul 15.00 WIB, orang dalam risiko (ODR) di Kota Batu  totalnya ada 468 orang. Sedangkan orang dalam pantauan (ODP) ada 69 orang.

Data itu terbagi dari tiga kecamatan yang tersebar di Kota Batu. Jumlah ODP terbanyak ada di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, sebanyak 10 orang. Disusul Desa Beji di Kecamatan Junrejo ada 6 orang. Sedangkan desa yang tidak ada ODP dan ODR adalah Desa Sumbergondo.