MALANGTIMES - Pemkot Batu menghentikan sementara aktivitas tempat hiburan dan tempat wisata  terhitung sejak Senin (16/3/2020). Penutupan itu bakal berlangsung selama dua pekan.

Lalu, bagaimana kebijakan tempat wisata dan hiburan di Kota Batu? Jawa Timur Park Group akan menutup semua park-nya  mulai 20 Maret mendatang.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

“Mengenai jadwal penutupan park yang kami undur sampai dengan t20 Maret 2020, hal ini dilakukan karena kami perlu melakukan koordinasi internal dengan seluruh karyawan dan rekanan kami yang berjumlah kurang lebih 5 ribu orang,” ungkap Manajer Marketing & Public Relation Jatik Park Group Titik S. Ariyanto.

“Jawa Timur Park Group menaungi 8 lokasi park dengan total 13 wahana utama. Sehingga kami perlu waktu untuk melakukan sosialisasi agar hal ini dapat terkoordinasi dengan baik dengan karyawan serta rekanan kami,” terangnya.

Penutupan itu akan berlangsung selama satu bulan lamanya hingga 20 April mendatang. Penutupan berlangsung selama satu bulan sekaligus dimanfaatkan untuk pembenahan dalam area sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan menyuguhkan sesuatu yang baru bagi masyarakat saat Jawa Timur Park Group beroperasi kembali.

Penutupan satu bulan juga karena komitmen untuk tetap melakukan tindakan preventif serta antisipasi yang lebih intensif secara berkala. “Untuk mencegah penyebaran virus pandemi covid-19 di area park khususnya bagi karyawan dan pengunjung,” kata  Titik. " Juga koleksi binatang kami yang ada di 3 wahana, yaitu Jawa Timur Park 2, Eco Green Park, dan Predator Fun Park,” imbuh ibu satu anak ini.

Sedangkan  Batu Flower Garden di Coban Rais melakukan prnutupan  sesuai dengan intruksi. Yakni dua pekan, mulai 16-29 Maret.

Komitmen itu dilakukan demik kesehatan, keamanan juga kenyamanan para pengunjung. Sebab, masyarakat dan karyawan sebagai prioritas utama. 

Baca Juga : Stop Dulu Liburannya, Wisata Gunung Bromo Tutup Total Imbas Covid-19

Sementara, kawasan wisata Kusuma Agro juga menutup wahananya. Cuma, penutupannya hingga waktu yang beluk ditentukan.

Terpisah Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahakn, penutupan tempat hiburan dan wisata itu dilakukan untuk mencegah munculnya virus corona atau covid-19. “Penutupan ini sesuai dengan surat edaran fari kementerian sehingga harus dilaksanakan untuk pencegahan corona,” ucapnya.