Wali Kota Malang Sutiaji. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Hari ini, Sabtu (15/2/2020), tiga warga Kota Malang akan menginjakkan kakinya kembali di Bhumi Arema. Ketiganya dipulangkan usai menjalani karantina di Natuna selama 14 hari terakhir.

Arek-arek Malang itu pulang bersama rombongan puluhan warga Jawa Timur (Jatim) lainnya, yang sebelumnya juga dipulangkan dari Wuhan, China.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, ketiganya telah dinyatakan sehat oleh Kementerian Kesehatan. Dia juga memastikan jika ketiganya tak terinfeksi virus corona. 

Selama masa karantina, Kementerian Kesehatan telah melakukan observasi secara menyeluruh kepada semua warga Indonesia yang dipulangkan dari Wuhan, China. Sehingga, Sutiaji meminta agar masyarakat tak khawatir.

"Mohon kita semua jangan menghakimi dan jangan pernah ada kekhawatiran. Karena semuanya telah dinyatakan sehat," kata Sutiaji, Sabtu (15/2/2020).

Sebagai informasi, total ada 65 warga Jatim yang sebelumnya menjalani masa karantina di Natuna. Dengan rincian 34 orang berasal dari Surabaya, 7 orang dari Malang Raya, 4 orang masing-masing dari Lumajang dan Kediri.

Dari Probolinggo dan Sidoarjo masing-masing 3 orang, dan 2 orang dari Lamongan. Kemudian masing-masing satu orang dari Tuban, Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Pamekasan, dan Ponorogo.

Sebagaimana jadwal yang ditentukan, seluruhnya akan dipulangkan ke daerah masing-masing untuk kembali berkumpul bersama keluarga. Meski begitu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebelumnya menyampaikan tak akan melakukan penyambutan secara berlebihan kepada warganya yang kembali ke kampung halaman.

Hal itu sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan untuk tak menyambut mereka secara institusi. Sehingga, seluruhnya akan disambut dan dijemput oleh keluarga masing-masing untuk dibawa pulang.