Screenshot video. (istimewa)
Screenshot video. (istimewa)

MALANGTIMES - Kasus perundungan atau bullying lagi-lagi terjadi. Kali ini, seorang siswi dipukul dan ditendang oleh tiga siswa dalam ruang kelas SMP di Purworejo, Jawa Tengah. Video yang merekam aksi tersebut viral di media sosial.

Gubernur Ganjar Pranowo pun langsung melakukan tindak lanjut. Ia menyampaikan, akunnya dibanjiri oleh laporan kejadian tersebut. Dengan sigap Ganjar langsung menelepon kepala sekolah dan Bupati Purworejo.

Baca Juga : Tatkala Tiba-tiba Ada Orang Kejang di Kampus UIN Malang

"Akun sy dibanjiri kejadian di salah satu smp di butuh purworejo. Sy sdh telp kaseknya & dia sdh urus. Polisi juga sdh menerima laporannya. Bsk saya minta pengawas sekolah & dinas utk turun agar bicara dg ortu anak2 itu," ujarnya dalam akun Twitter pribadinya @ganjarpranowo, Rabu (12/2/2020).

"Pak Bupati Purworejo jg sdh sy kontak. --- Sayangi temanmu!" sambungnya.

Akhirnya, pada Kamis (13/2/2020) kemarin, Bupati Purworejo Agus Bastian menjenguk siswi korban bullying tersebut.

Menurutnya, kasus bullying ini harus ditangani secara serius. Kejadian ini merupakan hal yang sangat penting yang perlu mendapat perhatikan. Karena jika tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan akan terjadi lagi kejadian bullying di tempat lain.

Kepada pihak yang berwajib, Ganjar meminta agar kasus ini ditangani secara sungguh-sungguh sehingga akan memberikan efek jera kepada para pelaku.

"Menurut saya, ini sudah keterlaluan sekali. Walaupun usia pelaku masih muda, tetapi menimbulkan bibit-bibit yang kurang baik di waktu yang akan datang," ucapnya dalam rilisan resmi Pemkab Purworejo.

Ke depan, lanjutnya, diperlukan pencegahan dini oleh pihak-pihak terkait. Salah satunya dengan sekolah memberikan pembinaan kepada anak-anak seperti pembinaan melalui guru BP. Sekolah diminta untuk terus membimbing dan mendampingi siswa dalam rangka memperoleh ketenangan dalam belajar.

Baca Juga : Dinas Tunggu Instruksi Bupati Malang untuk Liburkan Sekolah

Dikatakan Bupati, Pemkab melalui instansi terkait akan berupaya untuk memberikan pendampingan khsus kepada korban hingga korban kembali pulih. Pemkab juga akan memastikan agar korban memperoleh pendidikan yang baik sesuai dengan kebutuhannya.

"Saya berharap kasus seperti ini tidak terulang lagi di Indonesia, khususnya di Purworejo. Ini adalah yang terakhir, jangan ada lagi bullying, adegan kekerasan," tandasnya.

Dalam video yang viral tersebut, tampak dalam video tiga siswa berseragam putih biru memukuli dan menendangi seorang siswi. Siswi tersebut hanya duduk di kursinya dan tak berdaya. Sambil menundukkan kepalanya di meja, siswi itu terdengar menangis.