Ketua KPU RI Arief Budiman saat akan menembak pada papan di RPP Nasional Kota Batu, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ketua KPU RI Arief Budiman saat akan menembak pada papan di RPP Nasional Kota Batu, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kehadiran Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Jawa Timur Park 1, Kota Batu cukup banyak menyita perhatian. Lima hari pascadibuka, kunjungannya mencapai 13 ribu wisatawan.

“Bersyukur laporan awal sudah tembus 13 ribu, di awal saja itu sudah merupakan pencapaian yang bagus,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI)) Arief Budiman, Jumat (24/1/2020).

Dengan hadirnya RPP Nasional bertema ‘Wisata Demokrasi dan Pemilu’ lanjut Arief, wisatawan yang datang ke Jatim Park 1 tidak hanya sekadar berwisata namun juga mendapatkan ilmu pendidikan pemilu dan demokrasi (eduwisata). “Ke depan semoga jumlah wisatawan yang hadir di RPP Nasional itu bisa menunjukkan angka yang maksimal,” katanya usai meninjau RPP Nasional di Jawa Timur Park 1.

Bahkan Arief yakin jika RPP Nasional di Kota Batu bisa melampaui di Jogjakarta. “Yakin kalau selama satu tahun ke depan bisa melampaui Jogjakarta,” ucap Arief.

Sedang selain program RPP Nasional, KPU RI saat ini juga telah mengembangkan RPP digital melalui proyek percontohan (proyek percontohan) program e-RPP di 10 KPU Provinsi.

10 KPU Provinsi itu yakni di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, NTB, Bali, Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan.  Dengan upaya yang dilakukan oleh KPU ini ke depan diharapkan semakin banyak masyarakat yang paham akan meminta hak konstitusional, dan menggunakan suaranya di pemilu dan pemilihan.