Dari kiri Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat berswafoto di RPP Jawa Timur Park 1, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Dari kiri Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat berswafoto di RPP Jawa Timur Park 1, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Berwisata ke Kota Batu kini semakin lengkap, bagaimana tidak? Kini Rumah Pintar Pemilu (RPP) hadir di tengah-tengah beragam pilihan wisata di Kota Batu. Tepatnya di Jawa Timur Park 1.

Dibukanya RPP di Kota Batu itu ditandai diresmikannya oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Jumat (24/1/2020).

Diresmikannya RPP itu ditandai dengan pemukulan gong, pemotongan pita pada RPP, dan penandatangan prasasti. “RPP di Kota  Batu ini jadi RPP nasional ke 2 setelah di Taman Pintar Jogjakarta,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman.

“Program RPP sendiri telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses sosialisasi dan pendidikan bagi masyarakat di Indonesia,” imbuhnya.

Ia menambahkan berkaca dari keberhasilan RPP Nasional pertama yang didirikan di kawasan Taman Pintar Pemilu, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, RPP Nasional Jatim Park 1 juga diharapkan dapat diminati. “Agar wisatawan untuk tahu, lebih mengenal, paham pemilu dan demokrasi di Tanah Air,” tambah Arief.

Dengan hadirnya RPP Nasional bertema ‘Wisata Demokrasi dan Pemilu’ diharapkan wisatawan yang datang ke Jatim Park 1 tidak hanya menawarkan bertamasya tetapi juga mendapatkan pemahaman, pendidikan demokrasi dan demokrasi (eduwisata).  “Eksistensi rumah pintar pemilu adalah bukti komitmen lembaga untuk meningkatkan kualitas pemilih sebagai aktor utama dalam demokrasi,” ucapnya.

“Tidak ada pemilu tanpa pemilu dan tidak akan pernah hadir dalam pemilu berkualitas tanpa pemilih yang cerdas. Membangun dan menumbuhkan pemilih yang cerdas, mandiri, dan memerlukan bantuan yang bermanfaat,” tutup Arief.

Sedangkan dipilihnya Jawa Timur Park 1 Kota Batu lantaran menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai. Untuk anggaran RPP ini sebesar Rp 422 juta anggaran tahun 2019.