Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Wadahi dan Fasilitasi Mahasiswa Wirausahawan, Unikama Gelar PPK

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Dec - 2019, 15:02

Program PPK Unikama, nampak para mahasiswa tengah mendapatkan materi dari pemateri PPK (Unikama for MalangTIMES))
Program PPK Unikama, nampak para mahasiswa tengah mendapatkan materi dari pemateri PPK (Unikama for MalangTIMES))

MALANGTIMES - Lewat Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK), Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mendorong pemberdayaan dan pelibatan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

Dalam PPK, para pesertanya merupakan mahasiswa-mahasiswi yang terpilih. Mereka sebelumnya sudah lolos melalui tahapan-tahapan yang telah ditentukan. Dari situ, kemudian mereka akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan, observasi di mitra industri UMKM, serta pendampingan untuk memulai dan menjalankan usaha.

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

PPK juga mempunyai target khusus, yakni adanya lima wirausaha mandiri yang baru. Di dalamnya terdapat penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) terkait digital marketing yang siap diaplikasikan di masyarakat. 

Kemudian, terciptanya networking tenant dengan stakeholders, antara lain Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag. Serta sistem Student Business Development Unit (SBDU) sebagai unit layanan PPK yang sudah teruji dengan handal.

Untuk itu, agar dalam pelatihan target maksimal bisa tercapai, jumlah peserta yang ikut dalam PPK sebanyak 20 orang. Peserta berasal dari empat alumni dan 16 mahasiswa aktif yang saat itu memang tengah merintis usaha dari berbagai bidang.

Alexius Endy Budianto, S.Kom, MM selaku Ketua Ketua Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK), menjelaskan bahwa dalam PPK, mahasiswa tidak hanya mendapatkan stimulus pendanaan untuk usaha. Namun, berbagai pengetahuan yang sangat berguna untuk menjalankan usaha akan didapatkan para peserta.

“Nantinya mereka akan berkolaborasi dengan praktisi pelaku wirausaha baik dari industri maupun UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sebagai tempat studi banding. Seperti UMKM pengolahan salak Winarno, Kampung Kue, maupun industri dan UMKM lain yang relevan dengan jenis usaha ide bisnis mahasiswa atau alumni,” ungkapnya.

Baca Juga : Masih Siaga Covid-19, UB Mudahkan Proses Daftar Ulang Mahasiswa Baru

Pihaknya berharap, dengan adanya PPK, para peserta nantinya mampu memperoleh modal. Baik terkait pengetahuan yang menunjang wirausaha yang digeluti, ataupun hal lain. Sehingga, usaha yang dilakukan oleh para peserta, bisa berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Selain itu, pihaknya juga berharap para mahasiswa bisa membangun semangat berwirausaha berkelanjutan daam PPK Unikama. “Ini merupakan upaya nyata guna mewujudkan kewirausahaan di lingkungan kampus,” pungkasnya.

 


Topik

Pendidikan malang berita-malang Program-Pengembangan-Kewirausahaan Universitas-Kanjuruhan-Malang Bidang-kewirausahaan Digital-marketing


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri