Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Libur Natal dan Tahun Baru, Jumlah Penumpang Kereta Diprediksi Naik 8,7 %

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Lazuardi Firdaus

21 - Nov - 2019, 16:00

Stasiun Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Stasiun Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perayaan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah di depan mata. Biasanya, musim ini dijadikan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dengan menikmati perjalanan liburan.

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

Salah satu transportasi kereta api (KA) menjadi yang kerap digunakan masyarakat untuk perjalanan berlibur. Pengguna jasa transportasi KA di wilayah Daop 8 Surabaya di libur Nataru 2019/2020 mendatang bahkan diprediksi meningkat sekitat 812.185 atau 8,7 persen dibandingkan tahun lalu. Jumlah tersebut terhitung selama 18 hari, mulai 19 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020 mendatang. 

"Ada kenaikan 8,7 persen dibanding tahun lalu. Tahun ini diprediksi mencapai 812.185 penumpang, kalau tahun lalu tercatat 747.380 penumpang saja," terang Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto dalam keterangan tertulisnya.

Suprapto menambahkan, perkiraan jumlah penumpang paling tinggi yang naik transportasi kereta api bakal terjadi pada tanggal 22 dan 29 Desember 2019. "PT KAI Daop 8 Surabaya memperkirakan tanggal itu sebagai favorit masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api," imbuhnya.

Dalam masa ini pula, PT KAI Daop 8 Surabaya akan menjalankan 84 perjalanan KA yang terdiri dari 33 KA Reguler, 5 KA Tambahan Nataru dan 46 KA Lokal. Jumlah ini juga naik 3,7% dari tahun 2018 sebanyak 81 KA yang terdiri dari 29 KA Reguler, 6 KA Tambahan Nataru dan 46 KA Lokal.

Selain itu, kapasitas peningkatan tempat duduk di tahun 2019 menjadi 47.934 atau naik 16 % dari tahun 2018. Tahun 2018 yang lalu dengan jumlah tempat duduknya mencapai jumlah 41.196 tempat duduk. 

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Guna mempermudah akses bagi penumpang kereta api, untuk pembelian tiket Nataru PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan tilet sudah dapat di pesan mulai 19 November 2019 atau H-30 keberangkatan di seluruh kanal resmi penjualan tiket kereta api.

"Semuanya bisa dipesan di kanal resmi kami, baik melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id dan lainnya. Dan untuk KA pemberangkatan lokat, tiket baru dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan untuk yang melalui KAI Access, atau 3 jam sebelum keberangkatan di masing-masing loket stasiun," pungkasnya.

Sementara, untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, PT KAI Daop 8 Surabaya juga akan menjalankan 5 perjalanan KA Tambahan Nataru yang dapat dipesan mulai tanggal 25 November 2019 di seluruh kanal penjualan.


Topik

Peristiwa malang berita-malang Perayaan-libur-Natal-dan-Tahun-Baru Penumpang-Kereta-Diprediksi-Naik PT-KAI-Daop-8-Surabaya


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Lazuardi Firdaus