Petugas Disperkim saat melakukan perempesan dahan pohon tinggi menggunakan truk skylift. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas Disperkim saat melakukan perempesan dahan pohon tinggi menggunakan truk skylift. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang menggelar kerja bakti bersama dengan membersihkan sampah-sampah di saluran-saluran air di kawasan Pasar Blimbing, Jumat (18/10/2019) pagi.

Dalam kerja bakti itu, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Malang juga turun. Salah satunya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim). Mereka bersama-sama wali kota, wakil wali kota, kapolres Malang Kota, serta komandan Kodim 0833 membersihkan sampah.

"Di sini Disperkim rutin turut berpartisipasi dalam kerja bakti bersama forkopimda dengan mengerahkan armada-armada dan bantuan tenaga," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperkim Kota Malang Hadi Santoso.

Disperkim, sesuai bidang keahliannya dalam melakukan perawatan tanaman maupun perawatan pohon, membantu melakukan perempesan pohon beringin di kawasan eks kantor PDAM. "Membantu melakukan perempesan dahan pohon-pohon yang menumpang pada kabel-kabel agar tidak membahayakan," tambah Hadi Santoso.

Bukan hanya dalam hal perempesan. Disperkim juga membantu dalam pengangkutan dahan-dahan pohon rempesan untuk dibuang ke lokasi pembuangan.

Sekitar tiga unit armada truk milik Disperkim diperbantukan untuk mengangkati dahan-dahan pohon yang telah dirempes. Sementara, untuk merempes dahan yang posisinya cukup tinggi, Disperkim juga mengerahkan armada truk skylift.

"Kami tentunya rutin dalam berpartisipasi setiap kegiatan kerja bakti. Jika warga menginformasikan akan ada kerja bakti, tentu kami mengupayakan akan memberikan support, sarana prasarana, maupun tenaga," pungkas Hadi Santoso.