Kaum Perempuan Bisa Cegah Kanker dengan CERDIK

Feb 15, 2016 06:17
Ilustrasi perempuan dan pencegahan kanker (Foto: sunpride)
Ilustrasi perempuan dan pencegahan kanker (Foto: sunpride)

MALANGTIMES - Penyakit kanker yang banyak menyerang perempuan bisa ditangkal dengan gerakan CERDIK sebagaimana disosialisasikan oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Barat.

Baca Juga : Lagi, 1 Warga Kota Kediri Terkonfirmasi Positif Covid 19

Sosialisasi itu diluncurkan Ketua Tim Penggerak PKK Jabar, Netty Heryawan di sela acara World Cancer Day 2016 inisiatif Yayasan Kanker Indonesia di Car Free Day Dago Kota Bandung, Minggu (14/2/2016).

"Menjaga kesehatan harus dilakukan dari diri sendiri seperti dengan rajin berolahraga, juga mengikuti gerakan CERDIK bagi kesehatan jasmani dan rohani kita," ujarnya.

Adapun arti dari program CERDIK sendiri adalah Cek kesehatan dengan berkala - Enyahkan asap rokok - Rajin berolahraga - Diet seimbang - Istirahat yang cukup dan Kendalikan stress.

Baca Juga : Telusuri Orang Terdekat Pasien Konfirm ke-2 Covid-19 di Kota Batu, Hasilnya Negatif

Ia mengatakan kesehatan merupakan suatu keadaan di mana fisik, mental, spiritual dan sosial berfungsi dengan baik sehingga memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis sesuai amanat UUD No 36 tahun 2009.

"Oleh karena itu kesehatan harus diupayakan dari diri kita sendiri dengan mencegah daripada mengobati. Apalagi dengan berkembangnya penyakit yang degeneratif mulai muncul seperti kanker, khususnya kanker payudara dan kanker serviks bagi perempuan," imbuhnya. (*)

Topik
Kesehatan PerempuanKanker ServiksKanker Payudara

Berita Lainnya

Berita

Terbaru