Kepala SMA Kartanegara Nilai Kasih Sayang Harus Dimaknai Secara Universal

Feb 06, 2016 17:16
Kepala SMA Kartanegara, Yusmin Supriyatin (Foto: Arasy/ Malang TIMES)
Kepala SMA Kartanegara, Yusmin Supriyatin (Foto: Arasy/ Malang TIMES)

MALANGTIMES – Konsep Hari Valentine sedikit banyak mereduksi makna dari kasih sayang. Dalam pandangannya, kepala sekolah SMA Kartanegara Yusmin Supriyatin menilai bahwa perasaan tersebut dapat ditujukan kepada siapa saja.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

“Coba arahkan kasih sayangnya ke orang tua, adik, atau guru. Sifatnya universal” ujarnya kepada MALANGTIMES pada Sabtu (6/2/2016).

Pernyataan tersebut muncul seiring dengan beredarnya larangan perayaan valentine di sekolah-sekolah oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang.

Lebih lanjut ia mengaku pihaknya sulit untuk melakukan kontrol apabila anak-anak telah berada di luar wilayah sekolah.

“Mau beli bunga, beli cokelat, siapa yang bisa melarang?” ujarnya.  Oleh karena itu, peran orang tua menjadi sangat penting dalam melakukan kontrol.

Ia juga menyoroti bagaimana rona pergaulan siswa dapat memengaruhi paradigma mengenai valentine. Kalo tidak merayakan, si anak akan diejek ketinggalan zaman.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

“Padahal, perayaan valentine bisa jadi awal mula dari perilaku negatif lain, seperti seks bebas,” serunya sembari menyinggung kecenderungan siswa untuk menjadi narsis akhir-akhir ini.

Sebagai langkah pencegahan, pihak SMA Kartanegara telah mengarahkan para siswanya untuk melakukan kegiatan positif, alih-alih merayakan valentine. 

“Semisal, seluruh kelas 10 dan 11 saat ini kita arahkan sebagai supporter lomba futsal,” jelas wanita yang telah berkhidmat

Sebagai guru sejarah, Yusmin juga melakukan penelusuran terhadap latar belakang hari valentine untuk memberi gambaran akan mudharatnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
valentine daySMA Kartanegara MalangDisdik Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru